Bank Dunia: Tidak Perlu Khawatir Berlebihan Terkait Utang Negara

0
148

Jakarta, namalonews.com- Bank Dunia menilai rasio utang pemerintah Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara maju. Disebutkan bahwa jumlah utang luar negeri Indonesia diperkirakan mencapai Rp 4. 928,916 triliun.

“Utang Indonesia masih tergolong yang terendah di antara negara emenging maupun advanced secara ekonomi,” kata Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia Frederico  Gil Sander di Jakarta.

Frederico menilai rasio utang pemerintah Indonesia yang diprediksi berada pada kisaran 29 persen terhadap Produk Domestik Bruto itu juga didukung oleh pengelolaan yang baik sehingga bisa terhindar dari efek fiskal.

“Indonesia telah memiliki kebijakan fiskal yang prudent dan berhati-hati. Sehingga, pengelolaan utang masih terjaga dalam tingkat yang rendah,” katanya.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak khawatir berlebihan terkait kondisi ekonomi tersebut.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebit penggunaan utang pemerintah telah dibuat secara hati-hati. Hal itu berdasarkan dengan pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang berlaku.

“Bagi mereka yang menganjurkan pemerintah berhati-hati menggunakan instrumen utang, maka usulan itu sudah sejalan dengan yang telah dilakukan pemerintah,” tegas Sri.

Sri menegaskan penggunaan utang merupakan bagian dari bentuk pengelolaan APBN yang dibuat secara bertahap dan berhati-hati. Hal ini bertujuan agan mesin ekonomi tetap berjalan stabil.

“Oleh karena itu, jika hanya fokus instrumen utang tanpa melihat konteks lebih besar dan upaya arah kebijakan pemerintahan jelas memberikan kualitas analisis dan masukan tidak lengkap dan bahkan dapat menyesatkan,” tegas Sri Mulynai.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here