Gratis, Lewat Jalan Tol Ngawi-Kertosono

0
261

Jakarta, namalonews.com- Jalan tol Ngawi-Kertosono, di Jawa Timur, hari Kamis (28/03/2018) telah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Jalan bebas hambatan yang dirancang sepanjang total 87,02 kilometer ini sudah mulai dilalui kendaraan.

Jalan tol ini “diapit” dua gunung yang memiliki fanorama indah, yaitu Gunung Lawu dan Gunung Wilis. Pemandangan kedua gunung tersebut akan terlihat jelas, terutama saat cuaca cerah. Jika arah kendaraan dari Ngawi, maka di sisi sebelah kanan bisa dilihat Gunung Lawu, terus jika sampai Madiun di sisi kanan ada Gunung Wilis.

Keindahan alam terbentang luas hingga cakrawala, sawah dan perkebunan hijau menghampar di atas tanah, layaknya permadani tebal yang membuat atmosfer segar. Dibalut langit kebiru-buruan semakin menambah indahnya panorama Tol Ngawi-Kertosono.

Tol Ngawi-Kertosono ini juga dilengkapi dengan hydroseeding pada sebagian ruas galian sepanjang 3,3 kilometer. Cara ini lebih dipilih daripada shotcrete, karena memberikan efek pemandangan hijau kepada pengendara yang melintas.

Shotcrete merupakan mortar yang disemprotkan pada suatu permukaan, sehingga menampilkan pemandangan beton. Sementara hydroseeding merupakan metode revegetasi dengan mencampurkan benih tanaman, fiber dan nutrient yang diformulasi sedemikian rupa, untuk kemudian disemprot dengan media air ke lahan rusak untuk menumbuhkan benih tanaman.

Rencananya, setelah diresmikan, jalan tol yang dibangun dengan investasi Rp 3,83 triliun  ini akan dibuka gratis selama 12 hari. Namun, untuk mengetahui tingkat lalu lintas harian, masyarakat tetap diberikan kartu akses saat melintasi jalan tol ini.

Nantinya akan diberikan semacam kartu tap, untuk diserahkan pada saat di pintu gerbang keluar. Dengan demikian akan diketahui berapa jumlah lalu lintas, komposisi trafik yang masuk, dan lain-lain.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here