Mobil Listrik Plastik 3D Dibuat Hanya 3 Hari

0
107

Jakarta, namalonews.com- China kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan mobil yang pakai teknologi 3D. Sebuah mobil listrik yang terbuat dari plastik 3D pertama di dunia dibuat oleh pabrikan kendaraan di negeri Tirai Bambu itu hanya dalam waktu 3 hari saja.

Bodi mobil hanya menggunakan plastik 3D, dan masih menggunakan bahan reguler untuk sasis dan mesin. Sehingga soal keamanan masih bisa diandalkan. Sebagian besar bagian komponen membutuhkan waktu enam jam atau kurang untuk membuatnya.

Mobil seharga £ 7.500 atau Rp 145 juta ini memiliki dimensi mobil Mercedes Benz Smart Fortwo dengan dua tempat duduk. Dengan bobot di bawah 140 kilogram, mobil ini mampu menempuh perjalanan hingga 150 kilometer dengan baterai terisi penuh. Sedangkan kecepatan mobil ini mampu meraih 70 kilometer per jam.

Meskipun pembuatannya tergolong sangat murah dan cepat, namun tak mengorbankan keselamatan pengendaranya. Pada bagian bodi diselipkan bahan tambahan pengiisi yang dapat menyerap benturan dan meningkatkan kekuatan jika terjadi tabrakan.

Bekerja sama dengan perusahaan pencetakan 3D Polymaker, XEV Limited mengklaim mereka akan memiliki enam mobil listrik lain yang siap pada akhir Juli nanti. Seandainya jalur produksi mereka berjalan sesuai rencana, sebanyak 20.000 model siap dijual di Asia dan Eropa pada akhir 2019.

Mobil plastic 3D ini akan dipamerkan di Beijing International Auto Show bulan depan. Sementara prototipenya akan dikirim untuk dipamerkan di Museum Budaya Cetak 3D buatan China di Shanghai.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here