Perry Warjiyo, Anak Petani Yang Jadi Gubernur BI

0
130

Jakarta, namalonews.com- Perry Warjiyo resmi ditetapkan menjadi Gubernur Bank Indonesia usai melewati fit and proper test pada Rabu (28/03/2019).

“Sudah (diputuskan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI) berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat serta disetujui semua fraksi,” kata anggota komisi XI DPR Hendrawan Supratikno.

Siapakah sosok Perry Warjiyo itu sebenarnya?

Ada satu pepatah kuno yang kiranya bisa menggambarkan secuil tentang sosok Perry.

“Buah Jatuh tidak jauh dari pohonya.”

Pepatah ini sangat cocok untuk ditempatkan kepada Gubernur Baru Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Perry mengakui bahwa etos kerjanya adalah buah didikan sang ayah, seorang petani desa.

“Saya Perry Warjiyo, anak petani yang memang berasal dari desa. Hanya satu tujuan mengabdi untuk bangsa dan negara sesuai didikan almarhum ayah saya,” katanya di Ruang Rapat DPR

Sebagai anak petani, Perry terus berjuang dari waktu ke waktu untuk bisa sekolah dan kemudian bekerja hingga sukses menduduki kursi nomor satu di Bank Indonesia sekarang.

Dengan latar belakang keluarga anak desa, dan petani, dia mengatakan akan bekerja keras dalam menjalani tugas yang diamanahkan.

Selain itu, Perry yang lahir pada 25 Februari 1959 di Sukoharjo itu mulai mengenyam pendidikan di SD Negeri Gawok, Sukoharjo. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri Gatak, Sukoharjo dan SMA Negeri 3 Surakarta.

Selanjutnya, dia mengenyam pendidikan strata 1 dengan gelar Sarjana Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Ia meneruskan pendidikan magister di Departement of Economics, lowa State University, AS dengan gelar Master of Science (MSc), lulus pada 1989.

Kemudian, Perry menempuh pendidikan doktoral di Universitas yang sama, spesialis moneter dan ekonomi internasional dengan gelar PhD, lulus pada 1991.

Perjalanan Karir Perry

Pria kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah itu diangkat menjadi deputi Gubernur BI pada 15 April 2013 melalu keputusan Presiden 28/P tahun 2013.

Perjalanan karir Perry di Bank Indonesia terbilang cukup panjang sejak 1984. Sebelum ditetapkan sebagai deputi Gubernur, Perry menjabat sebagai asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter dan makroprudensial dan internasional di Bank Indonesia.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here