Tingkatkan Pasokan, PLN Siapkan Zonasi

0
151

Jakarta, namalonews.com- Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap melakukan zonasi pasokan untuk menekan ongkos distribusi. Hal itu disampaikan oleh Direktur Keuangan PLN Sarwono pada Kamis (29/03/2018).

Sarwono menilai laba PLN 2017 menurun karena bahan baku listrik yang naik. Bahan listrik yang dimaksudkannya adalah batu bara, bensin, dan gas. Oleh karena itu, PLN mencoba melakukan berbagai efisiensi.

Salah satu langkah efisiensi yang dilakukan PLN adalam melakukan Zonasi pasokan. Sarwono mengatakan Zonasi pasokan terhadap batu bara bisa menekan ongkos distribusi dan sumber pasokan pembangkit lebih terjamin.

“Ada pula zonasi transport untuk menghemat, misalnya pembangkit di Sumatra, mengambil juga dari Kaltim, tidak efisien. Semua kami lakukan,” jelasSarwono.

Sarwono mengakui bahwa PLN sangat berharap pemerintah bisa mendukung kinerja PLN di tengah kebijakan menyediakan listrik untuk masyarakat. PLN mengakui bahwa penetapan harga batu bara sebesar 70 dolar per barel bisa membantu PLN menjaga likuiditasnya.

Efiensi yang dilakukan PLN itu diharapkan bisa membantu keuangan agar tetap terjamin aman. “Efisiensi-efisiensi operasional PLN tersebut membantun keuangan PLN untuk tetap terjaga,” katanya.

Selain itu, Sarwono juga mengakui bahwa PLN berhasil mempertahankan tarif serta mengendalikan ongkos pokok penyediaan di tengah kenaikan harga gas dan batu bara tersebut.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here