Tiongkok Tantang Keseriusan Kebijakan Tarif Impor AS

0
115
(AP Photo/Andy Wong)

Jakarta, namalonews.com- Tiongkok mengambil kebijakan yang mencengangkan bagi Amerika Serikat. Tiongkok telah menetapkan tarif untuk ratusan jenis barang impor dari AS pada Senin (2/4/2018).

Komisi Tarif Bea Cukai Tiongkok menyebut kebijakan tersebut telah disetujui dewan negara. Disebutkan bahwa  pada 23 Maret 2018, Tiongkok telah mengedarkan daftar produk impor AS yang dikenakan tarif.

Pada umumnya, produk tersebut merupakan hasil pertanian dan peternakan; seperti buah-buahan segar, dan buah-buahan kering, kacang-kacangan, ginseng, dan daging.

Selain itu, Tiongkok juga telah menetapkan tarif produk baja dengan perkiraan nilai mencapai 3 miliar dolar AS.

Kebijakan penetapan kenaikan biaya tarif impor dari AS tersebut dinilai sebagai bentuk balasan terhadap kebijakan Presiden AS Donald Trump. Sebelumnya, Presiden Trump telah mengumumkan tarif impor baja dan alumunium dari Tiongkok.

Tiongkok menilai kebijakan Presiden Trump tersebut melanggar aturan organisasi perdagangan dunia dan dapat menyebabkan kerusakan hubungan perdagangan global. Sehingga, menurut Tiongkok, kebijakan tersebut juga harus berlaku bagi Tiongkok, khususnya terhadap barang impor dari AS.

Pada Maret 2018, Presiden Trump mengumumkan AS akan mengenakan bea masuk 50 miliar dolar AS atas produk impor dari Tiongkok, terutama untuk produk berteknologi tinggi. Trump menyebut kebijakan ini dibuat sebagai ancaman terhadap Tiongkok yang diduga melanggar hak kekayaan intelektual terhadap AS.

Perwakilan perdagangan AS Robert Lighthizer mempunyai peluang hingga 6 April  2018 untuk merilis dan mengumumkan daftar produk-produk Tiongko yang bakal dikenakan tarif. Sementara itu, Pemerintah Tiongkok disebut memiliki rencana untuk bertindak lebih jauh jika pungutan tarif impor produk-produk dari Tiongkok terus berlanjut.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here