Waspadai Missed Call Misterius

0
201

Jakarta, namalonews.com- Saat ini sudah banyak penipuan melalui perangkat telepon genggam, salah satunya adalah melalui missed call dari nomor luar negeri yang tidak dikenal. Hal tersebut merupakan trik penipuan. Scammer atau si penipu akan menyewa nomor premium internasional dari sebuah perusahaan.

Kemudian pelaku melakukan panggilan secara acak kepada seseorang dan langsung menutup panggilan tersebut agar orang yang ditelepon berpikir melewatkan sebuah panggilan penting. Jika menelepon balik, tagihan telepon akan membengkak. Tagihan inilah yang kemudian akan masuk ke kantong penipu tersebut.

Jika mengalami hal serupa, sebaiknya jangan lakukan panggilan balik agar tidak menjadi korban scam ini. Modus penipuan berkedok panggilan luar negeri ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Sejumlah media asing juga pernah memberitakan hal semacam ini.

Modus ini konon pertama kali berasal dari Jepang dan disebut “Wangiri”. Kata “Wangiri” dalam bahasa Jepang berarti “panggilan tak terjawab”.

Pada 2002 silam Negeri Matahari Terbit tersebut dihujani scam missed call besar-besaran sampai-sampai operator seluler di sana kewalahan menangani fenomena ini.

Berdasarkan keterangan dari salah satu operator seluler di Jepang, wangiri merupakan skema penipuan yang menargetkan pengguna ponsel secara acak. Pelaku membuat ribuan panggilan random pada nomor ponsel di berbagai negara hanya dengan sekali dering alias missed call.

Pelaku (scammer) memanfaatkan perilaku orang-orang yang sedang kecanduan telepon seluler. Harapannya, ada korban yang penasaran dengan missed call ini kemudian mereka melakukan panggilan balik.

Di sinilah  pelaku menguras isi dompet korban. Jika pengguna (korban) menelepon balik ke nomor internasional tadi, data nomor telepon di ponsel akan diambil dan penelepon dikenai biaya 15 hingga 30 dollar AS per panggilan. Akibatnya tagihan teleponnya akan membengkak.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here