Investasi China Merosot Di Amerika

0
137

Jakarta, namalonews.com- Investasi properti China merosot di Amerika Serikat. Sepanjang 2017, investasi China di sektor properti AS diprediksi mengalami penurunan sebesar 55 persen.

Berdasarkan laporan investigasi modal masuk China dan AS pada 2017, khususnya dari Cushman dan Wakefield diperkirakan menurun 7,3 miliar dolar AS atau setara Rp 100,3 triliun dari 16,2 miliar dolar AS atau setera dengan Rp 222 triliun pada 2016.

Cushman dan Wakefield menilai penurunan angka investasi properti tersebut menunjukkan kelemahan dan kesalahan pemerintah China dalam mengontrol dan mengambil kebijakan arus investasi ke luar.

“Riset konsultan itu menyebut kemerosotan terjadi sebagian besarnya karena kontrol modal dan peraturan yang kaku dari pemerintah China,” kata wakil presiden intelijen bisnis di broker real estate Pacific Union International, Selma Hepp pada Rabu (4/4/2018).

Sementara itu, kepala riset pasar modal Cushman dan Wakefield, David Bitner menyebut peraturan atau kebijakan China tersebut bertujuan untuk mengendalikan arus investasi ke luar.

Lebih lanjut, Selma Hepp mengatakan investasi China lebih memusatkan perhatian pada sektor industri dan penelitian serta pengembangan.

Menurut Hepp, tahun ini pengusaha China akan mengembangkan investasi di sektor industri, infrastruktur, serta fasilitas penelitian dan pengembangan Amerika Serikat.

Kontrol modal pengusaha China, lanjutnya, tetap menjadi faktor utama yang berpengaruh pada investasi mancanegara 2018.

Secara keseluruhan, China menempati urutan ke-3 dalam daftar total investasi asing Amerika Serikat. Kanada dan Singapura masing-masing berada di urutan pertama dalam daftar tersebut.

Bitner menilai bahwa masuknya modal asing lain bisa mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada di daftar modal asing Amerika Serikat.

Misalnya, Jepang dan Korea Selatan masuk ke pasar modal Amerika Serikat. Modal asing ini menjadi kekuatan dan tumpuan baru untuk  mengisi kekosongan dan kekurangan yang ada.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here