Kereta MRT Telah Merapat di Tanjung Priok

0
912

Jakarta, namalonews.com- Akhirnya rangkaian kereta MRT yang ditunggu-tunggu datang juga. Usai mengarungi lautan selama 30 hari dari Pelabuhan Toyohashi, Jepang, dan juga terlambat dari jadwal yang direncanakan, dua trainset (dua belas kereta) MRT kini telah merapat di Pelabuhan Tanjung Priok pagi tadi, Rabu (04/04/2018). Demikian keterangan resmi dari PT MRT Jakarta.

Baca juga : Kedatangan Kereta MRT Molor Lagi

Namun penurunan kereta dari kapal kargo baru bisa dilakukan pada Kamis (05/042018) dan kemudian dilanjutkan untuk proses pengiriman dengan menggunakan multi-axle trailer menuju ke Depo Lebak Bulus.

Proses pengiriman diperkirakan akan berlangsung hingga Hari Minggu (08/04/2018) dan dilakukan setiap pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB untuk mengurangi dampak kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan.

Untuk memastikan proses pengiriman berjalan lancar, PT MRT Jakarta telah melakukan serangkaian uji coba dan simulasi pengiriman sejak Februari 2018 lalu. Kereta MRT Jakarta ini adalah kereta baru yang dibuat oleh perusahaan kereta api Nippon Sharyo, Jepang.

Setelah ini, empat belas set rangkaian berikutnya akan mulai dikirim pada akhir Juni dan ditargetkan pada akhir Oktober seluruh enam belas set rangkaian kereta MRT Jakarta akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk mengikuti rangkaian proses trial run.

Dalam fase 1 ini, PT MRT Jakarta menyiapkan enam belas set rangkaian kereta, dengan  catatan empat belas set rangkaian akan dioperasikan dan dua set lainnya akan disiagakan sebagai cadangan. MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dengan rentang waktu antar kereta lima menit pada jam sibuk.

Hadirnya MRT Jakarta akan menjadi terobosan baru bagi transportasi publik. Bukan hanya akan meningkatkan mobilitas, kehadiran MRT Jakarta juga memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan salah satu solusi mengatasi kemacetan

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here