Warganet Malaysia dan Indonesia Bersatu Membela Keaslian Rendang

0
260

Jakarta, namalonews.com-   Baru-baru ini dalam sebuah kompetisi memasak MasterChef UK, seorang kontestan bernama Zaleha Kadir Olpin memilih untuk membuat hidangan nasi lemak dengan rendang ayam. Menu nasi lemak ini adalah salah satu makanan kesukaannya sejak kecil.

Dikutip dari Asia One pada Selasa (3/4/2018), Zaleha sengaja memasak sajian nasi lemak sebagai jawaban atas tantangan memasak hidangan yang mengingatkan tentang memori indah.

“Saya dulu menyimpan uang saku untuk membeli nasi lemak pada hari Jumat. Ada kios khusus di luar sekolah kami yang biasa menjual nasi lemak lezat, harganya 20 sen. Itu sangat istimewa,” kata Zaleha kepada juri Master Chef edisi Inggris, John Torode, di sela-sela proses memasak.

Zaleha pun berusaha menyajikan nasi lemak terbaiknya, yang ditempatkan di atas piring besar, dengan menu pendamping yang terdiri dari rendang ayam, udang bumbu sambal, telur dadar, ikan teri, kacang tanah, dan irisan mentimun.

Setelah memasak, Zuleha pun mempercantik hidangan nasi lemak dan rendang ayam yang telah dibuatnya. Kemudian waktunya para juri untuk mencicipi sajian tersebut. Namun, setelah mencicipi, salah satu juri, Gregg Wallace mengkritik karena kulit rendang ayam tidak cukup renyah. “Saya suka rasa rendang, ada rasa manis, namun kulit ayam tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua sausnya ada di kulit, saya tidak bisa makan,” kata Wallace.

Sementara itu juri lainnya, John Torode mengatakan membuat rendang ayam seperti sebuah kesalahan, tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak dan hidangan tidak terlihat indah.

Penilaian Torode dan Wallace, yang kemudian membuat Zaleha tersingkir, kemudian mengundang reaksi dari warganet yang mempertanyakan bagaimana kulit ayam dalam rendang bisa renyah atau garing. Dan Torode pun, lewat akun media sosialnya, membalas pertanyaan warganet soal ‘kulit renyah’ dalam ayam rendang itu.

Torode pun menulis, “Mungkin Rendang adalah makanan Indonesia !! Saya suka ini !! Senang melihat kalian bersemangat .. Namaste”.

Warganet lainnya @WayneLee92963 mengatakan, “Sebagai orang Malaysia selama 22 tahun, ini baru untuk pertama kalinya saya mendengar rendang ayam harus garing kulitnya. Siapa yang makan rendang ayam dengan kulit yang garing?”

Ada juga yang menulis, “Senang melihat orang Melayu, Cina, dan India Malaysia serta orang Indonesia bersatu melawan juri kulit putih gara-gara rendang.” Warganet lain juga menulis, “Hanya orang kulit putih yang berani-berani memberi tahu bahwa bukan seperti ini caranya meski cara itu sudah dilakukan selama beberapa dekade dan ada satu kelompok budaya yang memakan (rendang) dengan cara itu.”

Warganet lain berkomentar, “Saya suka melihat orang Malaysia dan Indonesia bersatu melawan satu musuh yang sama: orang kulit putih tak berbudaya yang berani menjelaskan rendang.”

Editor: Annisa Kh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here