Tol Semarang-Batang Fokus Benahi Satu Jalur Hingga Juni

0
177

Jakarta, namalonews.com- PT JasaMarga tol Semarang-Batang fokus prioritaskan pembangunan satu jalur terlebih dahulu hingga Juni. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemacetan saat mudik lebaran.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT Jasamarga tol Semarang-Batang Arie Irianto pada Jumat (6/4/2018).

Setelah arus mudik dan balik, lanjut Arie, Tol Semarang-Batang akan kembali ditutup dan PT Jasamarga akan memusatkan perhatian pada penyelesaian pembangunan.

“Ketika arus mudik selesai nanti, kami tutup lagi sampai pembangunan kelar sebagaimana yang ditargetkan hingga 25 September 2018,” katanya.

Selain itu, kepolisian Republik Indonesia optimistis jalur tol Semarang-Batang akan siap digunakan sebagai jalur tol fungsional pada arus mudik lebaran 2018.

“Kami yakin jalur ini bisa digunakan secara fungsional saat mudik lebaran nantinya, kerja dan pembangunannya dikebut sepanjang hari hingga target H-10 lebaran. Ini berarti semua jalur tol dari Batang ke Semarang bisa dipakai secara fungsional pada Juni mendatang,” kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowo pada Jumat (6/4/2018).

Dia menambahkan bahwa kepolisian akan terus memantau perkembangan pembangunan jalan tersebut. Pihak kepolisian, lanjutnya, akan memantau terus tiap untuk memastikan PT Waskita Karya kerja keras dalam penyelesaiannya.

“Nantinya, akan disediakan 4 tempat istirahat di Tol Semarang-Batang ini, di antaranya dua dari jalur Batang ke Semarang, dan dua lainnya dari Semarang ke Batang,” katanya.

Jal tol Semarang-Batang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa. Panjang tol ini mencapai 74,2 kilometer.

Lebih lanjut dijelaskan, pembanguna tol Semarang-Batang dibagi ke dalam 5 seksi. Pertama, Batang hingga Tulis dengan panjang 3,2 kilometer. Kedua, Tulis-Weleri dengan panjang 36,35 kilometer.

Ketiga, Weleri-Kendal degan panjang mencapai 10,75 kilometer. Keempat, Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,5 kilometer. Sedangkan, seksi terakhir adalah Kaliwungu-Semarang yang panjangnya mencapai 10,4 kilometer.

Direkrut Utama PT Jasamarga Tol Semarang-Batang memnjamin bahwa kualitas jal tol itu akan tetap terjaga meskipun pembangunannya ditargetkan akan mulai digunakan sebagai jalur fungsional pada Juni mendatang untuk menghindari terjadinya kemacetan saat arus mudik lebaran.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here