Seluruh Tubuh Patung Sudirman Dikonservasi

0
297

Jakarta, namalonews.com- Bagian dari tubuh Patung Sudirman yang baru-baru ini diketahui bolong telah diperbaiki. Patung ini ada di dekat Stasiun Sudirman dan Halte TransJakarta Dukuh Atas. Pengendara yang melintas dari Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan MH Thamrin dan sebaliknya melintasi patung pahlawan ini.

Patung tersebut diketahui bolong sekitar sebulan yang lalu. Bagian yang bolong berbentuk segitiga dan berada di bagian belakang patung. Setelah selesai diperbaiki yang bolong, pada Senin ini (9/04/2018), patung pahlawan tersebut dikonservasi seluruhnya. Secara menyuluruh meliputi pergantian baut pada lempengan yang copot. Juga penggantian besi yang rusak karena korosi.

Bagian belakang Patung Sudirman yang bolong ternyata bukan karena rusak. Bagian yang bolong itu karena ada bagian dari lempengan pada patung yang terlepas atau copot. Bagian belakangnya tidak terpantau karena Patung Sudirman belum masuk dalam kategori cagar budaya.

Perbaikan menyeluruh (konservasi) yang dilakukan yakni pembersihan patung. Setelah itu patung disikat dengan teknik konservasi. Setelah bersih kemudian disikat perlahan.

Patung Jendral Sudirman dengan gestur tubuh sedang menghormat dibuat di Bandung oleh almarhum Pak Edi Sunaryo didanai oleh keluarga yang kemudian disumbangkannya kepada Pem Prov DKI Jakarta sekitar tahun 2003 – 2004 yang pada waktu itu Gubernurnya dijabat oleh Sutiyoso.

Secara keseluruhan tinggi patung Jenderal Soedirman mencapai 11 meter. Terdiri atas patung inti (sosok Jenderal Soedirman) setinggi 6,5 meter dan penyangga setinggi 5,5 meter, yang terbuat dari perunggu seberat 4 ton.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here