Innalillahi wainna ilaihi roji’un, PKPI Akhirnya Ikut Pemilu 2019

0
213

Jakarta, namalonews.com- Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) mengabulkan gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan memerintahkan KPU menerbitkan SK untuk PKPI sebagai peserta Pemilu 2019. Demikian kata hakim dalam sidang di PTUN, Jalan A Sentra Primer Baru Timur, Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (11/4/2018).

Majelis hakim PTUN juga memerintahkan KPU membatalkan SK yang menyatakan PKPI tidak lolos menjadi peserta pemilu.  “Memerintahkan tergugat untuk mencabut surat keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2019. Memerintahkan tergugat untuk menerbitkan surat keputusan tentang penetapan penggugat, PKPI, sebagai parpol peserta Pemilu 2019.”

Sesaat setelah hakim mengetuk palu, suasana di ruang sidang PTUN yang dipenuhi kader PKPI langsung meluapkan kegembiraannya. Setelah sujud syukur para kader PKPI pun menghampiri dan memeluk Hendropriyono.

Innalillahi wainna ilaihi roji’un, akhirnya PKPI akan ikut dalam Pemilu 2019. Atas nama seluruh jajaran PKPI, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada majelis hakim PTUN. Mereka telah bekerja keras dan berkeadilan atas nama Allah SWT,” kata Hendropriyono yang diarak kader PKPI.

Sebelumnya, KPU menyampaikan pengumuman rekapitulasi nasional hasil verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2019 dan menyatakan PKPI tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

Dari hasil rekapitulasi verifikasi PKPI, partai yang didirikan AM Hendropriyono itu dinyatakan KPU tidak berhasil memenuhi batas kepengurusan/keanggotaan minimal 75 persen pada kabupaten/kota di 34 provinsi.

Atas keputusan KPU tersebut , PKPI kemudian mendaftarkan gugatan banding ke Bawaslu. Namun gugatan di Bawaslu kandas. Dari Bawaslu, gugatan PKPI berujung banding ke PTUN. Putusan PTUN akhirnya memenangkan gugatan PKPI.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here