Tim Urban Night ITB: Berhasil Ciptakan Pengecek Jantung Modern

0
286

Jakarta, namalonews.com- Salut buat anak-anak mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung ini.  Khususnya Tim Urban Night yang telah berhasil menciptakan sebuah aplikasi untuk mengecek kesehatan terkait jantung. Tim Urban Night ITB berhasil menciptakan temuan aplikasi Cardio PP. Yakni Asisten kesehatan pribadi yang bisa menginformasikan dan merekomendasi tentang kesehatan jantung manusia.

Para Tim Urban Night ITB terdiri atas Royya Abdulah Dzaki (dari Teknik Informatika angkatan 2015), Farhan Ghifari (dari Teknik Informatika angkatan 2014 0, Jabal Logian (dari Teknik Elektro angkatan 2015) dan Nugroho Satriyanto (IF angkatan 2014).

Aplikasi Cardio-PP hasil kerja kerasnya berhasil menjadi finalis 20 besar pada ajang yang digelar Telkom Hackhon, tahun 2018 beberapa waktu lalu di Digital Valley Bandung.

Diharapkan, dengan hasil ciptaannya ini masyarakat nantinya tidak perlu ke dokter atau rumah sakit. Bisa segera mengetahui kondisi jantungnya beserta rekomendasi kesehatannya pada saat itu juga.

“Dengan aplikasi Cardio PP ini maka tak perlu lagi bolak-balik ke dokter ataupun ke rumah sakit. Pengguna aplikasi ini bisa segera mengetahui kondisi jantungnya beserta rekomendasi kesehatan pada saat itu juga,” kata Royyan pada media.

Ada tiga komponen yang saling berhubungan, dengan demikian Cardio-PP dapat digunakan sebagai Artificial Intelligence (Al), Personal Heart Assistance, dan Device dengan sensor ECG. Selanjutnya, perangkat yang telah diberi sensor ECG diletakkan di beberapa titik pada tubuh.

Kemudian akan teramati kondisi kesehatan lewat jantung pemakainya. Yakni berupa titik-titik yang akan diamati sinyalnya. Itulah EGC, sinyal yang bisa dikatakan sarat akan informasi tentang kondisi kesehatan jantung.

Sinyal tersebut akan terurai menjadi kurang lebih 80 parameter.  Selanjutnya bisa disimpulkan kondisi jantungnya dari parameter setelah sebelumnya diproses Al kemudian terbentuk sebuah model baru.

“Al membentuk model kecerdasan guna mengartikan sinyal ECG. Akhirnya dapat terdeteksi kesehatan jantung dari simpulan yang ditarik. Berpenyakit atau tidak. Sehat taua tidak. Hasilnya bisa dirokemendasi, dan sinyal, maupun ECG tersebut bisa diaplikasikan melalui handphone,” jelas Tim Urban Night.

Alat ini mempunyai akurasi yang lumayan yakni mencapai 80 persen, dan terus diusahakan agar biaya alat bisa terjangkau masyarakat Indonesia agar bisa mengecek kesehatan jantung dengan mudah dan murah. Bravo Tim Urban Night ITB!

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here