Adiwastra Nusantara 2018 Digelar Lebih Kekinian

0
160

Jakarta, namalonews.com- Dengan mengusung tema “Nuansa Kekinian Dalam Balutan Wastra Adati Nusantara”, pameran kain adati Nusantara dan kalangan UKM, Adiwastra Nusantara kembali digelar Hall A dan B Jakarta Convention Centre, 11-15 April 2018.

Pameran secara resmi dibuka oleh  Deputi Pemasaran Badan Kreatif Nasional, Joshua Simanjuntak. Dimeriahkan pula oleh penampilan Tari Rampak Gendang Nusantara yang dibawakan oleh para prajurit TNI, paduan suara oleh kelompok Anggini Voice dan peragaan busana berbalut wastra adati rancangan para desainer muda alumni sekolah mode Esmod.

Sejumlah kain adati dari seluruh daerah Indonesia ditampilkan dalam pameran ini, antara lain tenun, batik, sulam sasirangan jumputan, sutra dan produk wastra lainnya.

Dalam kegiatan pameran Adiwastra Nusantara ke-11 tahun 2018 ini  ditampilkan pula produk-produk wastra, anjungan ikon Adiwastra Nusantara unggulan tahun 2019, pameran produk kerajinan, fashion dan accesoris.

Sumber foto (ig : @adiwastra_nusantara)

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Panitia Adiwastra Nusantara 2018 Wida Herdiawan mengatakan pameran ini diikuti oleh 400 gerai dan perancang wastra terbaik dari seluruh Indonesia, diantaranya perajin perorangan, perajin binaan BUMN dan juga perajin binaan kementrian/lembaga.

“Kami ingin mengajak generasi muda untuk lebih kreatif dalam mengembangkan disain kain adati Nusantara dengan nuansa baru yang lebih menyesuaikan dengan tren zaman sekarang,” ujar Wida Herdiawan.

“Acara pameran ini secara reguler telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2008. Pameran ini juga menjadi ajang bagi produsen, perajin, dan perancang kain adati untuk menggelar karya-karya terbaiknya setiap tahun,” imbuh Wida.

Lanjut Wida, wastra Adati Nusantara merupakan produk industri berbasis warisan budaya yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Kegiatan ini dapat menjadi salah satu penggerak bagi tumbuh dan meningkatnya daya saing perekonomian Indonesia.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here