Debat Cagub Jatim, Pasangan Khofifah – Emil Ternyata Lebih Siap

0
394

Jakarta, namalonews.com- Dua pasangan cagub dan cawagub, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (Khofifah-Emil) dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) mengadu program soal kesejahteraan rakyat dalam debat publik perdana Pilkada Jawa Timur, Selasa malam (10/04/2018).

Debat publik yang disiarkan langsung stasiun televisi swasta dari Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rachmat, Surabaya ini menjadi salah satu tolok ukur masyarakat Jatim untuk menilai kualitas calon pemimpinnya. Hal ini sangat penting agar yang dipilihnya sesuai harapan.

Dalam debat tersebut Khofifah terlihat ‘menguasai panggung’ dan secara detail memaparkan angka-angka terkait ketimpangan kemiskinan desa dan kota di Jatim. Sementara Emil percaya diri dengan konsep yang ditawarkan lewat sembilan program andalan: Nawa Bhakti Satya.

Debat berlangsung seru, masing-masing cagub dan cawagub saling melontarkan dan menjawab pertanyaan seputar program yang akan dijalaninya bila menjadi gubernur kelak. Menurut pengamatan, pasangan Khofifah-Emil tampil dengan sejumlah data akurat soal kesejahteraan rakyat.

Perihal kesejahteraan masyarakat, Khofifah-Emil tampil bagus dalam menjelaskan program-program konkret dan langsung mengena, terkait solusi pemerataan ekonomi.  Begitu pun soal kesejahteraan sekolah madrasah diniyah yang dikemukakannya, paslon nomor satu ternyata mampu mengikis perbedaan jarak antara kota dan desa.

Hampir semua pengamat politik menilai paslon nomor satu lebih percaya diri dengan program yang diusungnya. Khofifah-Emil Dardak mengungguli Gus Ipul-Puti Guntur dan skor sementara debat publik yang pertama ini adalah Khofifah-Emil 75, Gus Ipul-Puti 60.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here