Jembatan Holtekamp Jadi Titik Ekonomi Baru Jayapura

0
2477

Jakarta, namalonews.com- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ingin Jembatan Holtekamp menjadi titik pergerakan ekonomi baru bagi masyarakat Jayapura dan kota sekitarnya.

“Saya pikir jembatan ini adalah yang terpanjang. Kita ingin jembatan ini bisa menjadi titik awal mendongkrak ekonomi baru di Jayapura dan sekitarnya,” kata Presiden Jokowi pada Kami (12/04/2018).

Tercatat, jembatan Holtekamp dengan panjang kurang lebih 732 meter ini bisa menghubungkan kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Papua dan Skouw Papua Nugini.

“Jembatan ini, kalau diingat betul, dimulai padai Mei 2015. Saya berharap nantinya jembatan ini akan tuntas dibangun pada 2018,” katanya.

Jembatan ini bisa mempersingkat waktu tempuh yang sebelum bisa menghabiskan 2,5 jam menjadi 1 jam. Pemerintah juga mengharapkan agar jembatan ini bisa menjadi tempat wisata yang menarik, cantik, dan bagus. Sehingga, jembatan ini diharapkan bisa menggaet perhatian para wisatawan baik nasional maupun internasional.

Presiden Jokowi melanjutkan bahwa jembatan Holtekamp dirancang oleh warga Indonesia. Jadi, jembatan ini juga menjadi kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia.

Sumber foto: istimewa

Jembatan Holtekamp memiliki keunggulan dengan dua lengkungan merah di atasnya. Dua lengkungan tersebut diperkirakan panjangnya mencapai 112 meter, dengan tinggi 20 meter, lebar 26 meter, dan beratnya 2 ribu ton yang dibangun oleh PT PAL Surabaya.

Presiden Jokowi menyebut bahwa jembatan ini bisa menghubungkan kota Jayapura, khususnya akan terhubung ke pos lintas batas di Skouw. Jembatan ini, lanjut Presiden Jokowi, dibangun berkat kerja sama pemerintah kota, provinsi, Gubernur, dan pusat.

Biaya pembangunan jembatan Holtekamp tercatat Rp 944 miliar yang dikerjakan oleh konsorium PT Persero, PT Hutama Karya, dan PT Nindya Karya.

Presiden Jokowi ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono dan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano sempat melintasi jembatan tersebut.

Penanggung jawab pembangunan jembatan ini menyebut bahwa 80 persen jembatan ini telah berhasil dibangun.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Irianwa Widodo sempat menaiki kapal “Mitra Catur” berlayar di Teluk Youtefa, tepatnya di kolong jembatan Holtekamp sambil wawancara dengan beberapa awak media televisi swasta.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here