Kebocoran Data Facebook, Indonesia Nomor 3 Dunia

0
156

Jakarta, namalonews.com- Zaman kian modern. Keterbatasan waktu, keterbatasan tempat bisa dihalau dengan majunya teknologi. Namun juga perlu dipahami, dampak yang akan ditimbulkan. Dengan mudah segala sesuatu dapat terjadi. Segala sesuatu dapat ditembus dan kadang bisa diformulakan.

Kali ini, social media kebobolan. Data facebook yang ada di Idonesia mengalami kebocoran data penggunanya. Pihak terkait dan pihak yang bertanggung jawab tak henti-hentinya menguber.

“Sudah dipersiapkan acara pemanggilannya, minggu ini,” Brigjen Muh Iqbal, Karopenmas Divisi Humas Polri pada media, Rabu 11/04/2018 di Jakarta.

Masih dalam tahap penyidikan,”Kami belum ada upaya penyidikan. Baru penyelidikan,” tambahnya.

Polisi sudah menyiapkan pemanggilan terkait hal berjalan. Mereka  telah menyiapkan pemanggilan facebook guna permintaan informasi. Pengkajian terus dilakukan oleh pihak berwajib. Adakah unsur pidana di dalamnya, jika ada berarti itu perbuatan yang melawan hukum. Harus dituntaskan secara hukum juga.

Sumber foto: istimewa

Disinyalir, facebook ada kebocoran data sebanyak 87 juta pengguna. Dan yang terjadi di Idonesia mencapai 1.096.666. Merupakan urutan ketiga kebocoran data setelah Amerika Serikat dan Filipina.

”Kemarin kami minta kepada facebook rincian dari data pengguna facebook di Indonesia. Baik dari klarifikasi pengunaan data oleh Cambridge Analytica maupun hasil dari rencana audit oleh facebook atas aplikasi pihak ketiga,” kata Rudiantara kepada media.

Dalam pertemuannya Menkominfo Rudiantara dengan Ruben Hattari, perwakilan Facebok Indonesia agar pihak facebook mengetahui seluk beluk skandal yang canggih ini. Topik yang sama menjadi perhatian DPR RI. Khususnya Komisi 1 DPR RI sudah melanjutkan pemanggilan berikutnya yang akan  dilakukan bersama Menkominfo.

“Rapat pembahasan antara DPR, Facebook dengan Kementerian Menkominfo  akan direncanakan 17 April 2018,” terang Roy Suryo, Anggota Komisi 1 DPR RI di Jakarta Rabu 11/04/2018.

Ketika disingung kapan hasil audit facebook terkait dengan kebocoran data pengguna khususnya di Indonesia dapat diungkap. Kenapa pengguna Indonesia turut dicuri, buat apa, bagaimana pemulihan ke depannya, “Belum tahu. Karena auditnya oleh Facebook. Mereka sendiri mengaudit aplikasi yang running di facebook,”terang Menkominfo, Rabu, 11/04/2018 di Gedung Nusantara DPR RI.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here