Sebelum Debat Publik Khofifah Ziarah ke Makam Sunan Ampel

0
1017

Jakarta, namalonews.com- Beberapa jam sebelum digelar debat publik di Dyandra Convention Center, calon Gubernur Khofifah menyempatkan diri untuk berziarah ke makam waliyullah Sunan Ampel yang terletak di Jalan Pertukangan I, Kecamatan Semampir, Surabaya.

Mengenakan busana muslimah serba putih, Khofifah bersama tim pemenangan dan relawan tiba di kompleks pemakaman Sunan Ampel pukul 10.00 WIB, Selasa (10/04/2018). Kurang lebih 1 jam Khofifah berdoa di areal makam salah satu penyebar agama Islam di Tanah Jawa tersebut.

Sekeluar dari area utama makam, puluhan warga dan peziarah sudah menunggunya. Mereka langsung mendekat dan menyalami Khofifah sambil memeluk. Tak sedikit pula peziarah yang meminta foto bersama.

Ziarah ke makam waliyullah dan ulama saleh, kata Khofifah, bukan hanya dilakukan menjelang debat saja, tapi memang sudah tradisi yang dilakukannya sejak kecil.  “Saat SMP, setiap Kamis sore sepulang sekolah biasanya saya ke Sunan Ampel terus bermalam di sini sampai besok subuhnya,” ujar Khofifah.

Menurut Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama ini, ziarah merupakan tradisi untuk membangun refleksi diri dengan para kiai-kiai terdahulu. “Agar bersambung dengan para Wali Songo yang salah satunya adalah Sunan Ampel,” ujar Khofifah.

“Jadi sebetulnya, proses yang terbangun secara ruhaniah antara saya pribadi dengan kiai dan tradisi yang dilakukan oleh komunitas ziarah ke Sunan Ampel itu semacam kebutuhan spiritual,” demikian menurut Khofifah.

Selain itu, berziarah juga merupakan salah satu cara berdoa untuk untuk menyeimbangkan semua usah-usaha yang telah dilakukan dengan bermunajat kepada Allah supaya prosesnya berseiring dengan turunnya ridha dan keberkahan-Nya.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here