Munas Alim Ulama PPP Rekomendasikan Sosok Cawapres

0
161

Jakarta, namalonews.com- Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sekaligus juga memperingati Hari Kelahiran (Harlah) PPP ke-45 telah digelar di Gedung UTC Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2018). Kegiatan yang dihadiri oleh Presiden Jokowi ini juga telah merekomendasikan terkait konfigurasi Pilpres 2019. Hasil Munas tersebut akan dijadikan panduan bagi partai berlambang kabah dalam memilih kriteria bakal calon presiden (cawapres) Jokowi pada Pilpres 2019.

Sebanyak 10 rekomendasi dihasilkan dalam pertemuan antar ulama tersebut. Rekomendasi pertama hingga kesembilan merupakan komitmen menjaga NKRI dan mendukung pemerintahan.

Sedangkan rekomendasi kesepuluh tentang kriteria calon wakil presiden yang layak mendampingi Jokowi.

“Merekomendasikan dipilihnya calon wakil presiden untuk mendampingi Pak Jokowi adalah putra terbaik Indonesia yang memiliki beberapa kriteria,” demikian ungkap Romahmurmuziy (Rommy), dalam kata sambutan penutupan Munas Alim Ulama PPP.

Kriteria yang dimaksud  tersebut yakni terpenuhinya syarat menurut Islam;  memiliki kompetensi, integritas dan aspiratif;  santun, santri, berilmu, serta berjiwa ulama; peduli kepada rakyat kecil; serta muda dan milenial agar mampu menyesuaikan perkembangan generasi.

Usai acara, Rommy kembali menegaskan Munas Alim Ulama PPP sama sekali tidak menyebutkan nama capres dan hasil tersebut bukan berarti mencerminkan dirinya karena ia hanya membacakan hasil Munas. “Saya pada dasarnya hanya membacakan hasil. Saya tidak mau spekulasi mengarah nama, PPP tidak mendorong nama,” tandas Rommy.

Rommy tidak ingin mengaitkan seluruh kriteria tersebut dengan dirinya. Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Jokowi untuk memilih pendampingnya pada Pilpres 2019 mendatang.
“Rekomendasi yang diberikan PPP tadi buat saya sudah jelas,” kata Jokowi dalam kata sambutannya. Saat memberikan sambutan, Jokowi juga sempat menyinggung kedekatannya dengan Rommy yang sering diajak diskusi soal cawapres.

PPP sudah memastikan mengusung kembali Jokowi sebagai Capres 2019. Namun untuk pendampung Jokowi, belum mengerucut pada satu nama. PPP hingga hari penutupan Munas Alim Ulama sendiri belum memutuskan calon.

Peringatan Harlah ke 45 PPP dan juga sekaligus penutupan Munas Alim Ulama ini juga  Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi, dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here