Uji Coba Ganjil Genap Selama 2 Minggu di Tol Jagorawi dan Tangerang

0
273

Jakarta, namalonews.com- Mulai Senin (16/04/2018), pemerintah melakukan uji coba nomor ganjil-genap yang masuk ke jalur Tol Jagorawi dan Tol Tangerang. Kebijakan yang dimaksudkan sebagai cara pengurai macet akan mulai benar-benar berlaku pada bulan Mei mendatang.

Kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Untuk Tol Jagorawi kebijakan yang diterapkan ialah lajur khusus bus dan ganjil genap di Gerbang Tol Cibubur 2.

Sementara, untuk Tol Jakarta-Tangerang memakai 3 kebijakan sekaligus. Kebijakan tersebut yakni, lajur khusus bus, pengaturan operasi angkutan barang, dan ganjil genap di Gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2.

Saat uji coba di hari pertama, banyak masyarakat yang melanggar peraturan. Namun mereka tidak dikenakan sanksi atau tilang, hanya diminta untuk putar arah dan dialihkan ke jalan alternatif. Hal ini akan berlangsung selama 2 minggu sebelum diberlakukannya pada Mei mendatang.

Ketentuan uji ganjil genap di tol Jakarta-Tangerang dan Jagorawi diharapkan dapat mengalihkan separuh pengendara mobil ke kendaraan umum. Selama masa uji coba, akan terdapat 31 bus premium yang diperasionalkan dari Tangerang dan 60 bus premium dari Cibubur.

Bus premium di Tangerang akan disediakan pada titik keberangkatan The Flavor Bliss (Alam Sutera), ITC Bumi Serpong Damai, Griyaloka, Sumarecon Mall, dan Tangcity. Tujuannya, Mangga Dua, Ratu Plaza-Blok M, Pasar Baru-Sudirman, Ciputra, Kelapa Gading, Atrium Senen, dan ITC Kuningan.

Sementara untuk titik keberangkatan dari Cibubur, terdiri dari Kota Wisata, Harvest-Kota Legenda, Metland Transyogi, Citra Grand, dan Cibubur Juction. Tujuannya, Mangga Dua, Grogol, Thamrin City, Mega Kuningan, Kemang, Gajah Mada, Pasar Baru, dan FX Senayan.

Sedangkan tarif yang dikenakan untuk bus-bus premium tersebut berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp25 ribu dengan target waktu tempuh satu hingga 1,5 jam.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here