UKM Didorong Kuasai Pasar GLobal

0
160

Jakarta, namalonews.com- PT Bank Tabungan Negara ingin menggenjot produk lokal menguasai pasar global. Oleh karena itu, BTN mengutus beberapa perwakilan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menghadiri pameran Indonesia Creative Product Festival di Kuala Lumpur Malaysia 2018. Upaya ini dinilai sebagai langkah konkret dalam mempromosikan produk lokal.

Selain itu, BTN juga membina dan mengarahkan UKM untuk bisa mempromosikan produk lokal via media sosial atau go-online. Tercatat, 300 UKM binaan BTN difasilitasi masuk ke dalam laman blanja.com.

“BTN telah membuka askes produk lokal untuk menguasai pasar global dengan mengutus beberapa perwakilan UKM binaan untuk mengikuti ajang promosi di pameran Indonesia Creative Product Festival 2018. Selanjutnya, kami akan terus mendorong dan mendukung UKM untuk berjalan bersamaan dengan program pemerintah untuk meningkatkan dan mempromosi produk lokal,” demikian Direktur BTN Mahelan Prabantariksa pada Minggu (15/4/2018).

Keterlibatan BTN dalam Indonesia Creative Product Festival 2018 sebagai langkah nyata dalam mengembangkan bisnis UKM dalam negeri agar bisa bersaing secara mengglobal. Selain itu, upaya ini juga dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mengembangkan potensi UKM di daerah. Dengan demikian, BTN berharap UKM bisa berkembang secara mandiri ke depannya.

“Kami ingin UKM binaan BTN harus mengusai juga pasar global, bukan hanya di pasar ASEAN,” kata Prabantariksa.

Prabantariksa menyebut bahwa Omah Wayang yang adalah wayang kulit asli binaan BTN Bantul dan UKM Sumbersari Batik binaan Jember telah dikirim ke Malaysia untuk mempromosi produk lokal.

Selain itu, UKM Batik Bangka mulai diperkenalkan di negeri Jiran. Tenun khas Palembang turut terlibat. BTN juga menghadirkan dan menawarkan serta mempromosikan produk busana dengan warisan lokal Palembang.

BTN Juga turut membantu dalam memperkenalkan budaya Indonesia dengan menampilkan Vocal Group Suara Harmoni. Gabungan suara karyawan BTN ini telah menjuarai berbagai kompetisi dan menampilkan kekhasan Indonesia melalui lagu dan tarian di Malaysia.

Sekilas informasi, pameran Indonesia Creative Product Festival  2018 merupakan kesempatan dalam mempromosi produk lokal pertama yang digelar oleh Badan Usaha Milik Negara di Malaysia pada 13-15 April 2018.

Selama pameran berlangsung, tercatat 6 ribu pengunjung turut hadir. Secara keseluruhan, transaksi yang masuk mencapai Rp 5,5 miliar dan diprediksi potensi transaksi selanjutnya bisa mencapai Rp 10 miliar.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here