Panglima TNI: Netralitas Dalam Pesta Demokrasi Harus Kokoh

0
410

Jakarta, namalonews.com- Dalam tahun politik, segala sesuatunya akan cepat berubah dengan relative singkat. Suhu politik turut nimbrung dalam perubahan yang signifikan. Ditandai dengan berlangsungnya pesta demokrasi yang merupakan hajat nasional. Namun segalnyaa harus dijaga dan dikondisikan supaya kondusif dan tidak muncul gab-gab yang tak bertanggung  jawah. Hanya untuk kepentingan pribadi atau segelintir orang saja.

Hadi Tjahjanto, Panglima Tentara Nasional Indonesia dalam keterangan resminya kepada media, keikutsertaan sejumlah purnawirawan Tentara Nasonal Indonesia(TNI) dalam pesta pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum 2019 tidak akan mempengaruhi netralitas prajurit.

“Tugas utama TNI di antaranya untuk mengamankan dan menjamin sukses jalannya pesta demokrasi. Dan jelas tidak boleh dirusak oleh sikap prajurit yang tidak netral,” kat Hadi pada meda, Selasa, 17/04/2018.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, partisipasi purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam pemilihan kepala daerah maupun pemilihan presiden menjadi wujud partisipasi yang aktif  dalam politik. Ini dilakukan setelah institusinya kembali ke tengah-tengah masyarakat. Namun demikian partisipasi yang dimaksud menurutnya tidak boleh malah menyeretnya ke dalam kancah politik yang praktis tersebut.

Pada tahun politik, pesta demokrasi tak jarang akan diikuti dengan peningkatan suhu politik di tanah air. Hal ini dipandang perlu tindakan yang bisa meredam dan menghalau gab-gab yang bakal muncul dan bersinggungan. Tak menutup kemungkinan kerawanan akan timbul dibareng dengan pelbagai tindakan kontra produktif. Seperti kampanye hitam, pengerahan massa maupun provokasi yang tidak bertuan.

Semua anarkisme tersebut harus dicegah secara preventif dan komprehensif. ” Saya mohan kepada seluruh institusi dan jajaran kami serta PNS  Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar tidak bersikap reaktif terhadap isu -isu yang berkembang. Isu yang belum jelas juntrungannya. Harus tetap fokus pada tugas yang diemban kepada kita semua dalam menjalankan tugas Negara,” ujar Hadi.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here