Gelora Ponsel Pintar Memuncak

0
167

Jakarta, namalonews.com- Pertumbuhan ponsel pintar Amerika Serikat telah mencapai puncak. Pertumbuhan ponsel pintar ini berperan penting dalam mendorong dan meningkatkan percepatan laju ekonomi AS serta mengubah gaya perdagangan Amerika.

Hal ini menjadi salah satu perhatian Dana Moneter Internasional (IMF) dalam menentukan proyeksi pertumbuhan ekonomi global.

Secara global tercatat, penjualan ponsel pintar mencapai 1,5 miliar unit atau sebanding dengan satu dari lima orang pasti memiliki ponsel pintar pada 2017. Namun, sejak saat itu ponsel pintar mulai memperlihatkan grafik penurunan sebagaimana dirilis Boomberg pada Selasa (17/4/2018).

Permintaan yang begitu rumit dan harus melibatkan berbagai cabang pasok di Asia turut mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ponsel pintar tersebut. Melibatkan berbagai cabang menjadikan peredaran ponsel pintar membentuk siklus teknologi baru.

“Produksi dan pemasaran ponsel pintar di beberapa negara Asia jadi saling terkait dan membentuk serta membangun siklus teknologi baru yang tentu saja berbeda dengan zaman komputer personal. Sekarang, segalanya akan bergerak secara siklus,” demikian disampaikan IMF dalam laporan resminya.

Seiring berjalannya waktu, permintaan ponsel pintar menunjukkan adanya kestabilan. Perubahan ini, menurut IFM, teknologi di Negara Asia belum terlihat mengkhawatirkan. IMF menyebut permintaan komputer kendaraan, perabot pintar, dan perangkat mudah pakai masih memperlihatkan adanya potensi peningkatan akan permintaan pasar.

“Seperti diketahui, permintaan global akan ponsel pintar mulai menunjukkan penurunan atau kejenuhan, sedangkan permintaan produk elektronik lain masih akan berpeluang menggaet pertumbuhan produk semokonduktor, terutama dari Korea Selatan,” jelam IMF.

Oleh karena itu, pengaruh teknologi masih menunjukkan pola yang sehat dan positif di bursa ekpor Asia. Selain itu, pertumbuhang pergerakan ponsel pintar belum memperlihatkan adanya kemungkinan menurun dalam waktu dekat.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here