Gus Ipul Ngopi Bareng Cristian Gonzales

0
427

Jakarta, namalonews.com- Calon gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melakukan ‘silaturahmi politik’ dengan pemain sepakbola nasional Cristian Gonzales dan dihadiri Bonek Mania lewat kegiatan ngopi bareng di Kedai Ketan Punel, di kawasan Taman Bungkul, Jalan Darmo, Surabaya, Jatim, Kamis (19/4/2018).

Gus Ipul terlibat percakapan ‘sersan’ (serius tapi santai) dengan Gonzales yang ditemani istrinya, seputar perkembangan dan kondisi pesepakbolaan yang berada di wilayah Jatim.

Gus Ipul membahas Jatim yang disebutnya sebagai gudang sepakbola karena banyak memiliki klub dan pemain sepakbola yang hebat. Hal tersebut merujuk pada buku bertajuk ‘Jawa Timur Kiblat Sepak Bola Nasional’ karya Tri Septa Agung Pamungkas yang saat itu hadir bersama Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan, Jatim mejadi kiblat sepak bola di Asia Tenggara itu juga bisa dibuktikan dengan ditunjuknya Sidoarjo sebagai tuan rumah pertandingan bergengsi Piala AFF U 16 dan AFF U 19 pada Juli-Agustus 2018 mendatang.

“Pekerjaan rumah kita yang terberat tinggal tinggal satu, bagaimana pertandingan sepak bola di Jatim tanpa ada tawuran. Maka kita ajak seluruh suporter bola guyub rukun,” katanya.

Wakil gubernur Jatim non aktif ini menambahkan, dengan banyaknya suporter sepakbola di Jawa Timur, maka industri sepakbola perlu lebih dikembangkan dan juga industri kreatif yang berkaitan dengan itu.

“Andai saja tidak ada bentrok di antara para pendukung mungkin provinsi Jatim akan menjadi basis suporter yang terbesar di Asia Tenggara bahkan Asia,” imbuh Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul, sepak bola juga mampu menumbuhkan industri kreatif, baik yang dikelola pemain, mantan pemain, maupun suporter. Jika dirinya diberi amanat memimpin Jatim, Pemprov Jatim akan memperhatikan infrastruktur, seperti lapangan sepak bola di desa-desa supaya layak untuk berlatih sepak bola.

“Selain itu, lapangan sepak bolanya juga harus memadai supaya anak-anak tertarik untuk bermain bola. Saya juga akan mendorong berdirinya sekolah sepak bola (SSB) untuk pembinaan usia dini hingga bisa melahirkan pemain-pemain hebat,” pungkas Gus Ipul.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here