Kedubes AS: Israel Akan segera Dipindahkan Ke Yerusalem

0
191

Jakarta, namalonews.com- Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Israel di Tel Aviv dikabarkan akan segera dipindahkan pada 14 Mei mendatang ke Yerusalem. Alasan dipindahaknya pada 14 Mei adalah untuk mengenangkan kembali pendeklarasian kemerdekaan Israel yang terjadi pada 1948.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menilai wacana pemindahan kedubes AS tersebut untuk memperlihatkan sekaligus mempromosi perdamaian kepada dunia. “Untuk mempromosikan dan mendorong perdamaian di dunia, pindahkan kedutaan Anda di sini,” katanya di hadapan para diplomat asing.

Natanyahu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Guatemala atas keterlibatannya dalam mengambil keputusan untuk memindahkan kedutaannya segera setelah pengumuman Amerika Serikat.

Sebelumnya pada Desember 2017, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa negaranya telah remsi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengakuan ini menyalakan api kemarahan sejumlah negara, bahkan termasuk sekutu Washington di Arab, dan membuat warga Palestina mulai cemas karena mereka juga menginginkan Yerusalem sebagai ibu kota Yerusalem yang merdeka.

Selain itu, Israel mengklaim bahwa 6 negara masih dipertimbangkan untuk memindahkan kedubes mereka ke Yerusalem. Namun, Israel tidak menyebut secara detail negara yang bakal menyusul usai Amerika Serikat pindahkan kedubes ke Yerusalem.

“Saya bahagia saat mengungkapkan bahwa sekurang-kurangnya masih ada 6 negara yang sekarang sedang berdiskusi dengan kami untuk memindahkan mereka ke Yerusalem,” kata Natanyahu.

Netanyahu menegaskan bahwa 10 kedubes pertama yang dipindahkan akan diperlakukan khusus dari Israel. Namun, Israel belum mengklarifikasi akan perlakukan 10 negara tersebut seperti apa.

Seorang pejabat Amerika Serikat menyebut kedutaan besar mereka akan segera berlokasi di sebuah situs sementara. Menurutnya, membangun kedaulatan yang permanen harus bisa dan membutuhkan waktu yang lama.

Sedangkan itu, sebigan besar negara tidak mengakui kedaulatan Israel di Tel Avuiv.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here