AS Dan Cina Buka Peluang Dialog Masalah Perdagangan

0
197

Jakarta, namalonews.com- Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin buka peluang mengunjungi Cina. Kunjungan ini disebutkan untuk membahas perselisihan dagang antara ke dua negara tersebut.

“Rencana perjalanan ke Cina masih dipertimbangkan,” demikian disampaikan Mnuchin pada Senin (23/4/2018).

Meski demikian, Menkeu AS itu tidak menyebutkan secara pasti kapan kunjungan akan dilakukan. Dia hanya mengungkapkan telah berbincang dengan gubernur Bank Sentral Cina Yi Gang pada Pertemuan IMF-Bank Dunia.

Menkeu AS menyebut bahwa dirinya dan Yi Gang membahas peluang Cina untuk mengizinkan dunia internasional menjamah pasar Tiongkok.

“Saya tidak akan mengeluarkan pernyataan terkait waktu dan konfirmasi apapun, yang jelas kunjungan ke Cina sedang dalam pertimbangan,” kata Mnuchin.

Di lain pihak, kementerian perdagangan Cina disebutkan antusias menyambut rencana kedatangan Menteri Keuangan AS. Kementerian perdagangan Cina berharap kedatangan Mnuchin akan memberi ruang luas untuk berdiskusi terkait isu ekonomi dan kebijakan perdagangan di antara kedua negara tersebut.

“Pemerintah Cina telah mendapatkan informasi terkait rencana menteri keuangan AS untuk mengunjungi Beijing. Kami akan siap berdiskusi terkait isu ekonomi dan masalah perdagangan. Kami antusias menyambut rencana baik AS tersebut,” demikian Kementerian Perdagangan Cina dalam laman resminya.

Isu perselisihan perdagangan antara AS dan Cina terus menggerogoti pasar perdagangan dunia seiring dengan kebijakan baru yang saling menyulitkan di antara kedua negara tersebut. Cina disebutkan telah sering mengancam akan melakukan pembalasan terhadap ekspor AS jika kebijakan tarif Presiden Trump benar-benar diterapkan.

Sementara itu, Presiden Trump juga meminta dan mendesak timnya untuk mengidentifikasi lebih lanjut terkait isu 100 miliar dollar AS produk impor Cina yang bisa diberlakukan tarif dagang.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here