Pemblokiran Telegram Rusia Pengaruhi Google

0
140

Jakarta, namalonews.com- Keputusan Pemerintah Rusia memblokir telegram berdampak pada sejumlah layanan Google di Rusia.

Google mengumumkan bahwa sejumlah layannya mulai terganggu akibat keputusan pemerintah Rusia yang memblokir akses pengguna Telegram.

Hingga kini, akibat keputusan pemblokiran tersebut, Google Search, Google Mail, serta push notification untuk aplikasi android terganggu di Rusia. Google membenarkan bahwa sebagian besar pengguna melaporkan tidak bisa mengakses beberapa layanan google tersebut.

“Kami menyadari adanya sejumlah laporan dari pengguna di Rusia yang tidak bisa mengakses beberapa layanan dari Google. Kami sedang berupaya untuk menginvestigasi laporan tersebut,” demikian disampaikan Juru Bicara Google pada Senin (23/4/2018).

Terganggunya layanan dari perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut merupakan dampak dari pemblokiran 19 juta alamat IP dari Google dan Amazon oleh Roskomnadzor.

Menanggapi pemblokiran tersebut, Rusia menegaskan bahwa telegram diketahui menggunakan alamat IP dari Google dan Amazon dalam operasionalnya.

Roskomnadzor menjelaskan pemblokiran telegram karena IP-nya berpeluang merambah alamat lainnya. Dampak pemblokiran tersebut, sejumlah platform yang menggunakan Google Cloudn dan Amazon Web Services pun turut terhambat di Rusia.

Dengan layanan dari Google dan sejumlah platform lain mulai terdampak pemblokiran telegram. Pihak Google meminta pemerintah Rusia untuk tidak membiarkan persoalan ini berlanjut.

Google mengingatkan Rusia yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 untuk memikirkan dampak kebijakan pemblokiran tersebut.

“Rusia tidak bisa terus memblokir hal-hal di internet secara acak. Rusia sudah berupaya melakukan pencitraan bagi orang asing sebagai persiapan Piala Dunia pada Juni mendatang. Mereka tentunya tidak bisa membiarkan orang asing datang dan menyadari Google tidak beroperasi di Rusia,” kata Andreev, COO dan Co-Founder Vee Security Google.

Penulis: Boni Ogur

Aku tak mengerti apa yang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here