Ini Harapan Bank Dunia Terhadap Ekonom Baru

0
172

Jakarta, namalonews.com- Bank Dunia resmi mengangkat seorang profesor Yale University, Pinelopi Koujianou Goldberg menjadi kepala ekonom baru. Goldberg disebutkan telah menguji berbagai persoalan yang turut mempengaruhi negara berkembang.

“Goldberg diharapkan bisa membantu dan menjawabi pertanyaan-pertanyaan penting dan sulit terkait persoalan yang masih membelenggu negara-negara berkembang,” kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim pada Jumat (27/4/2018).

Pertanyaan-pertanyaan yang mendesak dijawabi, lanjut Kim, adalah bagaimana harus membantu negara-negara berkembang untuk mempersiapkan ekonomi masa depan serta memastikan kesetaraan akan kesempatan dimana pun di dunia.

Kim menyebut Goldberg telah melakukan berbagai riset dan laporan hasil riset tersebut terkait upaya mempersiapkan ekonomi masa depan bagi negara-negara berkembang. Hasil riset Goldberg pun telah banyak dikutip dan dijadikan rujukan untuk menyelesaikan masalah ekonomi di negara berkembang.

Goldberg, secara khusus, menaruh minat pada efek perdagangan pada ketidaksetaraan dan produktivitas perusahaan, laba, inovasi dan penegakan hak kekayaan intelektual.

Goldberg adalah Seorang warga negara Yunani dan Amerika Serikat. Selain itu, Goldberg juga adalah kepala editor wanita pertama di jurnal American Economic Review. Jurnal ini disebutkan sangat berpengaruh di bidang ekonomi.

Goldberg juga pernah bekerja di Fakultas ekonomi di Princeton University dan Columbia University. Untuk penempatan selanjutnya, Bank Dunia menyebut akan segera diumumkan.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here