Tjhai Chui Mie Minta Masyarakat Singkawang Hormati yang Berpuasa

0
20097

Jakarta, namalonews.com- Walikota Singkawang, Kalimantan Barat, Tjhai Chui Mie, mengharapkan kepada warga Singkawang dan sekitarnya untuk menghormati kaum muslimin yang akan menjalankan ibadah puasa dan juga merayakan Idul Fitri 2018. Hal tersebut diutarakannya pada ulang tahun Perhimpunan Masyarakat Rukma Jaya (PERMARUS) ke 4, di Resto Raja Kuring, Jakarta Utara, Minggu (29/04/2018).

“Saya harapkan ibu bapak semua bisa mendukung kota Singkawang dan juga Kalimantan Barat umumnya dengan ramah dan fair untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri,” demikian ungkap wanita yang disebut-sebut sebagai ‘Kartini’-nya Singkawang.

Tjhai Chui Mie  menyebut fakta bahwa Kota Singkawang yang telah meraih kota intoleransi ke 4 bisa menjadi lebih baik menjadi kota intoleransi pertama. “Maka untuk itu perlu dukungan bukan hanya masyarakat kota Singkawang saja, tetapi juga masyarakat Kalbar secara keseluruhan,” ujarnya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Singkawang yang telah bekerja sama dengan pemerintah Singkawang, jika ada kesalahan mohon dimaafkan,” tegas wanita kelahiran Singkawang, 27 Februari 1972.

Sebelumnya Setara Institute pada tahun 2017 memaparkan hasil kajian dan indeks terhadap 94 kota di Indonesia dalam hal isu praktik toleransi. Hasilnya, kota dengan skor toleransi tertinggi jatuh pada Kota Manado 5,90 persen, dilanjutkan Pematangsiantar, Salatiga, Singkawang, Tual, Binjai, Kotamobagu, Palu, Tebing Tinggi, dan Surakata.

Pemberian skor dalam studi ini menggunakan skala Likert dengan rentang nilai 1-7. Pembobotan skor dilakukan dengan kombinasi pengukuran melalui regulasi pemerintahan kota, tindakan pemerintah, regulasi sosial, dan demografi agama yang dilakukan dalam rentan waktu November 2016-Oktober 2017.

Tujuannya agar menjadi bahan pengingat, dan bahan evaluasi bagi pemkot untuk melakukan introspeksi dalam mengambil langkah-langkah  kebijakan yang mempromosikan toleransi.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here