Presiden Jokowi: Jangan Takut Jadi Pemimpin

0
167

Jakarta, namalonews.com- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengajak siswa dan siswi OSIS SMA berprestasi dari seluruh pelosok Indonesia untuk berani menjadi seorang pemimpin.

“Anak-anakku, kalian pasti tahu semuanya kan, apa sih sebenarnya kepemipinan itu? Kemampuan mempengaruhi seseorang, ada yang laing gak? Orang yang mempersatukan. Pemimpin itu adalah orang yang bisa mengontrol dan mengendalikan dirinya sendiri,” ujar Presiden Jokowi di Jawa Barat pada Kamis (3/5/2018).

Presiden Jokowi juga menyebut beberapa ciri khas seorang pemimpin. Di antaranya pemimpin itu harus bisa menggerakan diri sendiri dan orang lain, pemimpin itu mengutamakan kepentingan orang lain, dan juga dapat mengayomi sesama.

“Saya kira semuanya pas. Apa lagi? harus mampu memberikan motivasi. Memang pemimpin itu bisa beri semangat, memberi dorongan, memberikan inspirasi, memberikan contoh yang baik, memberikan teladan, bisa mengayomi dan tadi yang sudah disampaikan. Itulah seorang pemimpin,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap siswa-siswi OSIS SMA untuk semakin berani menjadi seorang pemimpin masa depan. Namun, Presiden Jokowi kembali mengingatkan bahwa menjadi seorang pemimpin bukan berarti tanpa tantangan atau rintangan.

“Anak-anak, jika ingin jadi bupati, silakan. Mau jadi wali kota, silakan. Mau jadi gubernur, silakan. Pengusaha, dokter, silakan. Ingin menjadi Presiden, silakan. Tapi, harus diingat bahwa cita-cita tersebut pasti punya ujian atau rintangannya masing-masing,” katanya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here