Megawati: Kader Harus Turun Gunung Jelang Pilkada dan Pemilu

0
182

Jakarta, namalonews.com- Dalam Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Keamanan yang diselenggarakan pada hari Kamis (3/5/2018) lalu, Megawati Soekarnoputri meminta agar seluruh kader yang saat ini duduk di kursi eksekutif maupun legislatif untuk segera turun ke bawah menjelang berlangsungnya Pilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Umum serentak 2019.

Para kader diminta untuk melakukan konsolidasi terkait dengan Pilkada dan Pemilu serentak tersebut. Permintaan ini disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut di hadapan perwakilan dari 34 DPD Partai PDIP.

“Bagi mereka yang daerahnya sedang ada proses Pilkada tentu tak perlu bertanya lagi, mereka harus terus melakukan konsolidasi serta menjaga soliditas dengan cara turun ke bawah supaya kita bisa mendapatkan hasil yang signifikan,” jelas Megawati dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Menteng, Jakarta tersebut.

Bahkan Megawati sendiri mengaku bahwa ia sudah mulai “turun gunun” ke daerah untuk memastikan bahwa konsolidasi partai yang berlangsung di daerah menjelang datangnya pesta politik berjalan dengan baik.

“Saya mulai berkeliling ke Jawa Timur, ke Bali untuk melihat persiapan-persiapan partai di daerahdaerah yang akan melakukan Pilkada di tahun 2018 ini,” terangnya.

Seperti yang diketahui saat ini, ada 17 provinsi yang akan mengadakan Pilkada Serentak di tahun 2018 ini dan selebihnya ada juga pemilihan untuk pemimpin Kabupaten maupun Kota.

Melihat kondisi tersebut, Megawati meminta para kadernya untuk tidak lagi bermalas-malasan atau bahkan berhenti bekerja untuk memenangkan pasangan calon pemimpin daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak. Dan selanjutnya juga untuk memenangkan partai di Pemilu 2019 nanti.

“Jadi kerja kita harus luar biasa dan tidak boleh berhenti. Tidak ada yang namanya bermalasan,” tambah Ketua Umum partai dengan lambang kepala banteng tersebut.

Hal tersebut dikarenakan Mantan Presiden ke-5 RI ini memiliki target untuk dapat meraih kemenangan sebanyak 50 persen dari 171 daerah yang menyelenggarakan Pilkada periode ini.

Sedangkan untuk proses evaluasi terkait dengan gerak pemenangan di Pilihan Kepala Daerah dan Pemilihan umum nantinya akan diselenggarakan melalui rapat-rapat koordinasi Bidang serta rapat kerja di daerah.

“Jika kita terus bekerja keras dalam rangka merebuat kemenangan di 171 daerah, saya berharap kita bisa dapat 50 persen,” jelas Megawati.

Selain itu, Megawati juga menyinggung soal sejumlah survei yang menunjukan bahwa PDI Perjuangan berada di peringkat pertama.

“Banyak lembaga yang memunculkan survei. Tentu saja hasilnya tidak selalu sama. Tapi secara umum, Alhamdulillah partai kita selalu memperoleh peringkat pertama. Tapi, jangan bangga dulu,” kata Megawati.

Meskipun selalu mendapatkan peringkat pertama dalam berbagai survei elektabilitas partai, Megawati meminta agar para kader tidak lantas santai dan terlena menunggu hasil-hasil survei selanjutnya saja.

Ia menjelaskan bahwa kader sebaiknya tidak hanya duduk-duduk saja dan menunggu hasil survei. Karena survei yang akan merepresentasikan hasil kinerja partai, bukan partai yang menunggu survei. Ia juga menyebutkan bawa sudah sepantasnya jika survei bukan dijadikan patokan utama karena sifatnya yang dinamis.

“Hari ini naik, dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, suara itu bisa saja turun,” terang Megawati di hadapan para kadernya.

Jadi, menurut Megawati, karena hal tersebut harus terus dijaga agar tidak menurun, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan turun ke bawah dan tidak terlena dengan hasil survei tersebut.

Dalam rapat yang dihadiri oleh beberapa elit partai seperti Ketua DPP PDIP Bidang Politik non aktif yaitu Puan Maharani, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristanto beserta Wakil Sekretaris Jenderal PDI PErjuangan Eriko Sotarduga, Ahmad Basarah dan Utu Adianto tersebut, Megawati juga menyinggung soal pemecatan para kader.

Ia menyebutkan bahwa banyak kader yang dipecat oleh pengurus DPP karena tidak menjalankan disiplin partai.

“Kami di DPP saja antusias dan disiplin menjalankan pekerjaan, melakukan rapat-rapat serta mengkoordinir pemecatan bagi kader yang tidak mengerjakan disiplin partai,” terang Megawati.

Jadi, mau tidak mau kader memang harus disiplin dalam menjalankan visi serta misi partai agar tidak terjadi perpecahan dan partai pun bisa maraih kemenangan yang diharapkan.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here