Racun Kalajengking ‘Nonmusrenbangnas’

0
154

Jakarta, namalonews.com- Kalajengking  sedang naik daun. Kenapa?  Akhir-akhir ini kalajengking menjadi tema pembicaraan yang menarik setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa racun kalajengking berharga Rp 145 miliar  setiap liter.

“Ada fakta yang menarik, yang saya dapat dari informasi yang saya baca, komoditas yang paling mahal di dunia adalah racun scorpion, racun dari kalajengking. Harganya USD 10,5 juta, artinya Rp 145 miliar per liter. Jadi, kalau mau kaya, cari racun kalajengking,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Musrenbangnas RKP 2019 di Hote  Grand Sahid, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Kenapa sampai Jokowi mengemukakan  binatang yang membahayakan dan layak dibunuh itu pada acara musrenbang? Tentu ada fakta menarik berkaitan dengan di balik kalajengking yang belum khalayak ramai ketahui dan perlu diungkap agar masyarakat lebih paham tetang khasiat kalajengking.

Peneliti zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syahfitri Anita, mengatakan  bahwa hampir semua venom atau racun hewan bisa dipelajari. Racun kalajengking dengan racun hewan lainnya menurutnya, secara prinsip punya hal yang sama, yakni molekul aktif.  Jangankan untuk bisa mengumpulkan racun. Untuk menemukan kalajengking, ujar Syahfitri, begitu sulit. Beda dibanding mencari racun ular, yang mana ular relatif mudah ditemukan dibanding kalajengking.

Terlepas dari harganya yang fantastis, apa saja sebenarnya manfaat racun kalajengking? Racun kalajengking diklaim dapat menyembuhkan penyakit kanker. Selain itu, racun kalajengking juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit lainnya.

Berikut ini manfaat dari racun kalajengking.

  1. Penghilang rasa sakit

Para peneliti telah menggunakan senyawa alami yang ditemukan dalam racun kalajengking sebagai obat penghilang rasa sakit.

  1. Memerangi sel kanker

Racun yang mematikan ini juga bisa digunakan untuk membantu perawatan kanker di masa depan.

  1. Mengobati penyakit tulang

Penelitian menunjukkan bahwa racun kalajengking dapat menghalangi keropos tulang dan menjadikannya zat yang berguna untuk   mengobati kondisi seperti rheumatoid arthritis dan osteoartritis

  1. Mencegah malaria

Racun kalajengking juga merupakan obat bagi penyakit malaria.

Penulis: Sulis Sutrisna

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here