Anggaran Pendidikan Tinggi Harus Menghasilkan SDM Berkualitas

0
175

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah meminta semua pihak untuk bergandengan dalam menyusun strategi pengelolaan anggaran pendidikan yang baik. Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap anggaran pendidikan yang mencapai Rp 444 triliun bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Masalah yang dialami di dunia pendidikan bukan lagi terkait anggaran. Karena, saat ini anggaran pendidikan sangat besar. Menjadi tugas semua pihak sekarang adalah bagaimana mengelolah anggaran tersebut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Mulyani di Jakarta, pada Senin (7/5/2018).

Anggaran pendidikan yang sangat besat itu, lanjutnya, belum berhasil menghasilkan sumber daya manusia yang bagus dan berkualitas. Misalnya, Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia masih berada di posisi rendah.

Sri Mulyani menyebut Indonesia dan Vietnam sama-sama mengalokasikan 20 persen dari APBN untuk anggaran pendidikan. Namun, kualitas Vietnam berada di atas Indonesia.

Oleh karena itu, Menkeu mendorong pemerintah daerah untuk selalu berkomitmen dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di daerah. Terlebih dua per tiga anggaran pendidikan dibagikan ke daerah.

Dengan komitmen itu, proses belajar-mengajar di tingkat pendidikan dasar dan menengah di Indonesia bisa semakin membaik. Sehingga, skor PISA pendidikan untuk Indonesia juga bisa meningkat.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here