Jokowi Sambut Kedatangan PM Cina Li Keqiang di Istana Bogor

0
189

Jakarta, namalonews.com- Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Cina Li Keqiang di Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (07/05). Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Li ke Indonesia, setelah dilantik pada 2013 lalu.

Perdana Menteri Li Keqiang tiba di Istana Kepresidenan Bogor pada pukul 10.30 dengan disambut dan dikawal oleh pasukan berkuda dari satuan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan juga personel Paspampres yang mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kedatangan Li ini juga diiringi oleh tabuhan kendang dan kehadiran ratusan pelajar sekolah dasar berpakaian adat sambil memegang bendera Indonesia dan Cina.

Setelah itu Jokowi dan Li mengikuti prosesi upacara penyambutan tamu negara di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor. Usai upacara, Jokowi lalu mengajak Li menuju ke halaman belakang Istana untuk menanam pohon Kamper (dryobalanops lanceolata).

Suasana santai terlihat di antara keduanya dalam sesi penanaman bibit pohon itu. Usai menyerok tanah ke lubang pohon, mereka mengambil beberapa gayung air dari ember untuk menyiram bibit.

Rencananya selama berada di Jakarta, Li juga akan mengunjungi Sekretariat ASEAN dan menghadiri KTT Bisnis Indonesia-Tiongkok. Saat berada di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Li akan menghadiri perayaan HUT Ke-15 hubungan kemitraan strategis Tiongkok bersama ASEAN.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada pekan lalu mengatakan, kerja sama perdagangan dan investasi merupakan isu utama yang akan dibahas Li dan Jokowi.

Proyek pembangunan jaringan kereta api cepat Jakarta-Bandung adalah salah satu di antaranya. Selain itu wacana peningkatan ekspor kelapa sawit, manggis, salak, pisang, dan sarang burung walet ke Cina.

Melihat data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Negara Cina menduduki peringkat keempat dengan realisasi investasi terbesar di Indonesia senilai sekitar Rp 47 triliun pada tahun 2017 atau tumbuh 27% dibandingkan tahun sebelumnya.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here