Mata Laser ala Superman Bakal Jadi Kenyataan

0
349

Jakarta, namalonews.com- Teknologi saat ini berkembang dengan pesat, dari sesuatu yang semula hanya impian kini sudah menjadi kenyataan atau terwujud. Belum lama ini sekelompok ilmuwan melakukan riset sains dengan melakukan penelitian agar manusia biasa bisa memiliki kekuatan yang luar biasa atau super.

Kekuatan super tersebut berupa sinar laser yang bisa ditembakkan dari mata manusia layaknya tokoh super hero komik Superman. Para ilmuwan telah mengembangkan teknologi yang semula mustahil menjadi kenyataan.

“Ketika kami memikirkan ide untuk membuat membran laser ini, seseorang menyarankan bahwa ide ini merupakan langkah pertama untuk membuat Superman menjadi nyata,” ungkap Profesor Malte Gather, Dosen dari Jurusan Fisika dan Astronomi Universitas St Andrews saat di konfirmasi oleh Forbes.com, Sabtu (5/5/2018).

Ilmuwan asal Universitas St Andrews, Skotlandia, ini sedang mengembangkan laser membran ultra tipis yang menggunakan semikonduktor organik. Membran yang sedang diteliti tersebut sangat tipis sehingga dapat digunakan sebagai kontak lens pada mata manusia.

Bahannya terbuat dari biokompatibel dan dapat menghasilkan sinar hijau seperti Superman shooting lasers. Selain itu, laser ini juga dapat digunakan untuk hal lain, misalnya mengecek keaslian uang kertas dan benda berharga lainnya.

Mereka menerbitkan makalah tentang penelitiannya tersebut di Nature Communications.  Laser kecil ini diyakini dapat aman beroperasi di mata manusia. Tim peneliti pun uji coba dengan mendemontrasikannya dengan menggunakan mata sapi.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here