Kopi Indonesia Berpotensi Mendunia

0
212

Jakarta, namalonews.com- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo menyebut bisnis kopi adalah salah satu yang berpotensial mengudara di Indonesia karena berkaitan erat dengan gaya hidup.

Sandjojo meminta kabupaten atau daerah penghasil kopi harus fokus mengembangkan potensi tersebut. “Indonesia adalah penghasil kopi nomor empat dunia. Kabupaten atau daerah yang potensial kopi, saya minta agar fokus,” kata Eko di Jakarta, pada Selasa (8/5/2018).

Eko menambahkan pengembangan kopi di desa-desa dapat dilakukan melalui program produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades). Dengan program ini, daerah yang berpotensi menghasil kopi akan memiliki perkembangan ekonomi yang cukup. Selain itu, program Prukades juga menjadi magnet yang kuat untuk menggaet dunia usaha.

“Sepanjang 2016, saya menyelenggarakan roadshow untuk 44 kabupaten terkait program Prukades tersebut. Dan, yang ikut hanya 22 kabupaten. Tahun ini, setelah dibuka lagi pendaftaran, 168 kabupaten sudah terdaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut. Yang lolos seleksi adalah 128 kabupaten dan kita hubungkan dengan 68 perusahaan menengah dan besar, membentuk 240 kesepakatan dengan investasi mencapai Rp 47 triliun. Salah satunya adalah kopi,” katanya.

Kopi, lanjut Eko, adalah salah satu produk Indonesia yang berpeluang mendunia. Untuk mencapai target tersebut, dunia usaha harus terlibat aktif dalam mengembangkannya.

“Kalau dana desa memang masih fokus infrastruktur. Tapi, pemerintah tidak hanya Kementerian Desa saja, keterlibatan pengusaha juga penting,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Badan Ekonomi Kreatif, Joshua Puji Mulia Simandjuntak menyebut Indonesia adalah salah satu negara dengan pemilik indikasi geografis kopi terbanyak dunia. Hal itu akan memperbesar potensi produksi kopi di Indonesia.

Namun, Joshua menyayangkan kopi Indonesia belum banyak dikenal dunia atau belum mendunia. ”Sekarang kita sedang memeperkenalkan dan menyebarluaskan Kopi Indonesia. Diharapkan, sebutan kopi membantu orang untuk mengingat Indonesia karena kekhasan akan nikmatnya kopi Indonesia.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here