Cak Imin: Budaya Sebagai Panglima Negara

0
163

Jakarta, namalonews.com- Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Wakil Ketua MPR berpendapat bahwa  kebudayaan bisa menjadi panglima dalam suatu pembangunan di negara Indonesia secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan budaya dipastikan bisa mendongkrak sekaligus memajukan pembangunan negara di segala bidang.

“Bukan itu saja, Indonesia pernah menjadikan politik sebagai panglima. Namun hal itu belum memberikan keberhasilan yang signifikan,” ujar Wakil Ketua MPR, Kamis 10/05/2018, pada media. Lebih lanjut lagi Indonesia juga pernah menjadikan ekonomi sebagai panglima. Namun lagi-lagi belum bisa memberikan hasil yang nyata seperti politik sebagai panglima.

Selain kedua hal tersebut, Cak Imin juga berharap agar kebudayaan bisa menjadi panglima dalam negara Republik Indonesia. “Harusnya kebudayaan yang menjadi panglima,” tambah Wakil Ketua MPR yang sering disapa Cak Imin tersebut. Hal ini juga diterangkan karena kebudayaan itu akan dapat membentuk karakter dan mental suatu bangsa. Sehingga ini dipandang relevan sebagai panglima di Indonesia.

Sebagai negara kesatuan yang ber-Bineka Tunggal Ika, Indonesia itu kaya raya akan kebudayaan. Kebudayaan-kebudayaan itu berasal dari berbagai kerajaan maupun kesultanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan demikian diharapkan pemerintah Indonesia harus lebih memperhatikan peran kesultanan dalam upaya pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya. Dalam selawatannya ke Sintang, Kesultanan Sintang berkontribusi dalam penciptaan lambang Garuda Pancasila. Yakni dalam acara penganugerahan Datuk Petinggi Mangku Banua dari Istana Kesultanan Sintang yang telah memberikan gelar tersebut.

Dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan juga mendapat gelar Pangeran Budisetia Amanah Anak Negeri. Penyerahan dan penganugerahan tersebut dilakukan langsung oleh YM Pangeran Sri Kusuma Negara Kesultanan Sintang, HRM Iksani Ismail Sayifuddin secara khidmat.

Dihadiri juga oleh Hanif Dhakiri, sebagai Menteri Tenaga Kerja, Abdul Kadir Kading sebagai anggota DPR Fraksi PKB, Jarot Winarno Bupati Sintang, Sultan Sulu beserta keluarga besar Kerajaan dan Kesultanan Sintang.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here