Cak Imin Terima Anugerah Adat dari Kesultanan Sintang

0
196

Jakarta, namalonews.com- Wakil Ketua MPR RI yang juga adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menerima Anugerah Kehormatan Adat dengan gelar Datuk Petinggi Agung Mangku Benua dari Sultan Sintang HRM Ichsani Ismail Tsyafioeddien di Istana Al-Mukarramah, Kamis (10/5/2018) siang.

Selain Cak Imin, Wakil Sekjen DPP PKB Daniel Johan juga mendapat anugerah Pangeran Budisetia Amanah Anak Negeri dari Kesultanan Sintang. Penganugerahan tersebut diberikan langsung YM Pangeran Sri Kusuma Negara Kesultanan Sintang, HRM Ikhsani Ismail Sayifuddin.

“Penganugerahan ini merupakan amanah bagi saya untuk terus menjaga dan melestarikan seluruh nilai-nilai budaya Kesultanan Sintang. Juga berusaha agar Kesultanan Sintang ini menjadi pilar kemajuan kebudayaan bangsa di masa mendatang,” katanya.

Cak Imin mengungkapkan bahwa dalam sejarah perjalanan pembangunan nasional, Indonesia pernah meletakkan politik sebagai panglima pembangunan, tapi menemui berbagai kekurangan dan kegagalan. “Kita juga pernah mengalami ekonomi sebagai panglima pembangunan tapi kita belum berhasil mengalami keberhasilan yang nyata,” ujarnya.

Masih kata Cak Imin, dari itu semua maka tidak ada pilihan, hari ini dan ke depan harusnya kebudayaanlah yang menjadi panglima bagi keberhasilan pembangunan nasional.

“Dengan meletakkan kebudayaan sebagai panglima, maka aspek dasar yang kita miliki dalam kehidupan secara langsung akan menopang kemajuan ekonomi, politik, dan sendi kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan selamat atas Anugerah Kehormatan Adat yang diterima Wakil Ketua MPR-RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Anggota DPR-RI Daniel Johan dari Kesultanan Sintang di Istana Al-Mukarramah.

“Pemberian gelar ini merupakan wujud penghormatan masyarakat Sintang, semoga dengan diterimanya gelar budaya ini semakin menyukseskan bakti kepada bangsa dan negara,” ujar Jarot dalam sambutannya.

Menurut Jarot, pemberian gelar seperti ini merupakan event budaya yang patut diberikan apresiasi. Sebab sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas nilai budaya yang dimiliki Kabupaten Sintang.

“Apalagi gelar ini terkait momen peringatan Hari Jadi Kota Sintang ke-656. Semoga kegiatan ini semakin mempererat kebersamaan antara masyarakat dengan pejabat pemerintah dalam membangun daerah,” jelasnya.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here