Resmi Jadi Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad Lakukan Ini

0
2005

Jakarta, namalonews.com – Menggantikan Najib Razak, Mahathir Mohamad resmi diambil sumpahnya oleh Raja Malaysia Muhammad V. Pengambilan sumpah perdana menteri ke-7 Malaysia ini dilakukan di Istana Negara pada Kamis 10 Mei 2018, sekitar pukul 9.50 malam waktu setempat.

Mahathir hadir dengan mengendarai mobil Proton berpelat “Proton 2020”, merk mobil nasional yang digagasnya. Mahathir tiba di Istana Negara sekitar pukul 16.40 waktu setempat. Setelah membacakan sumpahnya, Mahathir segera menandatangani pengesahannya sebagai perdana menteri Malaysia.

Mulanya, pelantikan Mahathir dijadwalkan akan dimulai pada pukul 17.00. Akan tetapi, baru sekitar pukul 22.00 waktu setempat, Mahathir resmi diambil sumpahnya. Tak dijelaskan mengapa terjadi penundaan yang cukup lama.

Dalam pelantikan ini, turut hadir istri Mahathir, Tun Dr Siti Hasmah Mohd Ali beserta keempat tokoh kunci Pakatan Harapan. Mahathir mengenakan busana tradisional Melayu dengan warna hitam lengkap menggunakan peci senada. Sang istri pun mengenakan baju dengan warna serupa. Terpilihnya Mahathir sebagai perdana menteri di usia ke-92 tahun, menjadikannya sebagai pemimpin tertua di dunia.

Sebelumnya, pihak Istana Negara menyatakan menerima hasil resmi dari Pemilihan Umum ke-14 (GE14) yang diadakan pada 9 Mei 2018. Pakatan Harapan yang dipimpin oleh Mahathir meraih kemenangan sekaligus menguasai kursi parlemen.

Segera setelah terima surat dari anggota komponen Pakatan Harapan pendukung penunjukan Dr Mahathir sebagai Perdana Menteri Malaysia, Yang Di-Pertuan Agong lalu bertemu dengan Presiden Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) Tan Sri Muhyiddin Yassin, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Wan Azizah Wan Ismail, Sekretaris Jenderal Democratic Action Party (DAP) Lim Guan Eng, serta Parti Amanah Negara Presiden Mohamad Sabu pada pukul 5.00 sore.

Diumumkan oleh Komisi Pemilu Malaysia (EC) bahwa oposisi yang dipimpin oleh Pakatan Harapan telah memenangkan 113 kursi, sedangkan partai sekutunya, Partai Warisan hanya memenangkan 8 kursi parlemen. Untuk Partai Islam se-Malaysia (PAS) berhasil meraih 18 kursi.

Walaupun Ketua Barisan Nasional Najib Razak, lawan politik Pakatan Harapan, menyebutkan oposisi ini belum mempunyai jumlah kursi cukup membentuk pemerintah, namun kini justru memperoleh dukungan dari Partai Warisan. Ini pun membuat koalisi oposisi mendapat sebanyak 122 dari 222 kursi parlemen yang diperebutkan.

Janji Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad pernah menyebutkan akan mengevaluasi investasi yang dilakukan oleh China jika menang dalam Pemilihan Umum Malaysia. Ternyata sikap Mahathir yang anti-China tersebut membuat Mahathir memperoleh dukungan dari rakyat Malaysia. Ia bersama aliansi partai-partai oposisi yang dipelopori oleh Mahathir Mohamad berhasil memenangi pemilihan umum Malaysia, 9 Mei 2018.

Para investor asal China yang tanam modal di Malaysia pun telah mewanti-wanti kemungkinan akan hadapi masalah bila Mahathir Mohamad memenangkan pemilu. Mahathir Mohamad dipilih menjadi kandidat perdana menteri Malaysia berasal dari kubu oposisi.

Dalam sebuah wawancara, Mahathir memaparkan pandangannya mengenai investasi China. Mahathir mengatakan bahwa Malaysia akan menyambut baik investasi dari China selama perusahaan negeri tersebut mempekerjakan warga lokal, membawa modal, serta teknologi ke Malaysia. Namun Mahathir tak melihat semua hal tersebut dilakukan para pengusaha China yang telah berinvestasi di Malaysia.

Komentar Mahathir tersebut merefleksikan keprihatinan meluas mengenai investasi China di berbagai negara Asia, mulai dari Australia sampai Sri Lanka. Banyak negara berupaya memperoleh keuntungan dari rencana China yang membangun infrastruktur dengan nilai ratusan miliar dolar. Namun, di sisi lain banyak negara yang merasa khawatir akan menjadi terlalu tergantung kepada China.

Di Malaysia, investasi China telah memicu kekhawatiran tentang kesetaraan serta kedaulatan perekonomian negeri itu. Dalam hal ini, Mahathir memberikan contoh dari perusahaan Country Garden Holdings Co. Ltd yang merencanakan akan tanam investasi 100 miliar dolar AS (sekitar Rp 1.377 triliun) di Johor. Perusahaan tersebut akan membangun apartemen senilai sampai 1 juta ringgit (sekitar Rp 3,5 miliar) per unit.

Dalam wawancara tersebut, Mahathir juga mengambil contoh Sri Lanka yang dianggapnya telah kehilangan banyak tanah sebab tak bisa mengembalikan utang dari China. Tahun lalu pemerintah Sri Lanka telah memberikan sebuah perusahaan kongsi yang dimotori oleh sebuah BUMN China hak pengelolaan pelabuhan Hambata di wilayah selatan negeri itu. Hak pengelolaan yang hampir satu abad tersebut terpaksa diberikan sebagai ganti pemutihan utang Sri Lanka kepada China.

Namun, Perdana Menteri Najib Razak pernah menepis kekhawatiran oposisi mengenai maraknya investasi China di Malaysia. China memang termasuk negara yang memberikan investasi terbesar di Malaysia dengan kontribusi sebanyak 7% dari total investasi asing tahun lalu dengan nilai 54,7 miliar ringgit. Namun investasi Malaysia di China pernah lebih besar dibandingkan investasi China di Malaysia. Investasi Malaysia di luar negeri pun jauh lebih besar dibanding investasi asing di negeri ini.

Perjalanan Politik Mahathir Mohamad

Mahathir pertama kali menjabat sebagai perdana menteri pada 16 Juli 1981. Saat itu, Mahathir masih berusia 56 tahun. Mahathir kemudian meletakkan jabatan pada 31 Oktober 2003, atau sesudah memerintah selama 22 tahun, dan menjadikan Mahathir sebagai perdana menteri dengan masa jabatan paling lama di Malaysia.

Mahathir memutuskan kembali “turun gunung” sesudah Najib tersangkut skandal korupsi 1MDB. 1MDB merupakan lembaga investasi yang didirikan oleh pemerintah Negeri Jiran guna memberikan manfaat pada rakyatnya. Gagasannya, 1MDB akan berinvestasi di sejumlah proyek seluruh dunia, lalu keuntungannya akan dikembalikan kepada rakyat Malaysia.

Dalam praktiknya, organisasi ini justru dituduh sudah menyedot dana negara ke rekening pribadi Perdana Menteri Najib dan orang-orang dekatnya. Kini, Amerika Serikat serta sejumlah negara lainnya pun sedang menyelidiki dugaan penggelapan dan pencucian uang lintas batas yang berkaitan dengan 1MDB.

United Malays National Organisation (UMNO) ditingalkan Mahathir, senjata politik yang lama menaunginya dan partai utama di koalisi Barisan Nasional pada 2016. Ketika itu, Mahathir mengatakan bahwa dirinya merasa malu dikaitkan dengan partai pendukung korupsi. Hal ini merujuk pada skandal 1MDB.

Berawal dari itu, Mahathir mengatakan akan kembali mencalonkan diri melalui koalisi Pakatan Harapan yang ia bangun bersama Anwar Ibrahim serta dua partai lainnya sekaligus dirikan Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM).

Di bawah kepemimpinan Mahathir, Malaysia telah menjadi salah satu macan Asia. Itu adalah sebutan bagi sejumlah negara yang perekonomiannya mengalami perkembangan yang pesat pada 1990-an.

Komentar Warga

Upacara pelantikan Mahathir disambut rasa syukur oleh ratusan warga yang menunggu di depan Istana Negara, Kuala Lumpur.

“Mahathir merupakan sosok yang berpengalaman dan berwawasan luas. Sebab, dia pernah menempati jabatan ini sebelumnya,” kata Abdul.

Pendapat yang sama juga disampakan oleh Larson Michael.

Larson mengaku sudah lama menunggu momentum pergantian pemerintahan ini.

“Dia sudah kembali untuk menyelamatkan negara ini. Kini, kami ingin melihat apakah dia bisa memenuhi segala janjinya,” kata pria 35 tahun tersebut.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here