Mahathir Mohamad Umumkan Kabinet Baru Malaysia Hari Ini

0
1096

Jakarta, namalonews.com – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, telah menyatakan ingin membentuk pemerintah baru dengan memberhentikan seluruh menteri kabinet pemerintahan Najib Razak. Mahathir menyatakan supaya menteri kabinet pemerintahan Najib Razak mundur. Hal ini dikarenakan menteri kabinet pemerintahan Najib Razak didapati membantu serta bersekongkol dengan mantan perdana menteri yang telah dideskribsikan oleh dunia sebagai kleptokrat.
Jabatan yang ditinggalkan akan diisi oleh para pemimpin partai koalisi yang telah mendukung pemerintah Pakatan Harapan. Pemerintah baru yang dibentuk Mahathir Mohamad hanya terdiri atas beberapa orang menteri. Mahathir Mohamad menyebut pemerintahannya hanya akan memiliki 10 kementerian yang sangatlaah penting. Nama-nama menteri pemerintahan baru Mahathir Mohamad ini akan diumumkan hari.
Mahathir Mohamad mengatakan, Pakatan Harapan sudah memutuskan bahwa kabinet kecil yang terdiri atas sosok-sosok penting sudah cukup saat ini. Mahathir Mohamad tidak ingin memiliki kabinet besar, akan tetapi ada kementerian tertentu yang harus diisi segera. Pernyataan ini disampaikannya dalam konferensi pers yang bertempat di Kuala Lumpur kemarin.
Mahathir Mohamad telah menyebut 10 kementerian tersebut adalah Kementerian Pendidikan, Kementerian Pembangunan Pedesaan, Kementerian Ekonomi, Kementerian Pekerjaan, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Teknologi Multimedia dan Sains, dan Kementerian Luar Negeri.
Mahathir pun mengklarifikasi bahwa urutan kementerian tersebut tak berarti satu lebih penting daripada kementerian yang lain sebab semuanya ialah status yang sama. Bahkan Mahathir menjelaskan bahwa kementerian tertentu akan memainkan peran yang lebih menonjol.
Mahathir juga mengatakan bahwa empat partai koalisi di Pakatan Harapan diberikan waktu sehari kemarin untuk membahas kementerian mana yang diinginkan mereka beserta calon yang diusulkan. Mahathir menjelaskan bahwa hal ini tidak berarti proposal mereka akan diterima semua.
PM Malaysia tersebut juga menegaskan bahwa semua pihak yang ada di Pakatan Harapan bersatu dan setara, tanpa ada partai junior ataupun senior. Maka dari itu, semua pihak akan mempunyai perwakilan yang sama di kabinet.
Mahathir Mohamad akan bertemu dengan para pemimpin partai dari Pakatan Harapan. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas posisi menteri serta jabatan pemerintahan lainnya. Mahathir memastikan pertemuan itu akan mengakomodasi semua kepentingan partai pendukung yang mencangkup segala aspek, tak terkecuali dalam menentukan kebijakan.
Mahathir pun menyatakan bahwa hal ini akan menjadi waktu yang sibuk. Bahkan, setelah resmi dilantik pada Kamis pukul 21.57 waktu setempat, PM Malaysia ini mengatakan belum bisa pulang. Mahathir menghabiskan waktu sampai kemarin pagi guna membahas pemerintahannya.
Pada kesempatan itu, Mahathir mengatakan pemerintahannya akan meninjau lagi kasus yang telah membelit para pemimpin politik. Ada beberapa tuduhan yang diarahkan ke mereka sangatlah mungkin memiliki motif politik. Mahathir perlu melihat apa ada kasusnya. Apabila tidak ada kasus, Mahathir ingin melihat kasus-kasus ini terlebih dulu berdasarkan hukum yang berlaku. Mahathir juga menegaskan bahwa pemerintahan baru akan meninjau kembali hukum yang sifatnya menindas dan tidak adil.
Bocoran Anggota Kabinet Kerja Mahathir
Mahathir menegaskan posisi wakil perdana menteri akan diisi oleh Wan Azizah Wan Ismail, yang tak lain adalah Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR). Mahathir pun segera melantik istri tokoh oposisi yang saat ini masih dalam penahanan, Anwar Ibrahim, itu.
Selain Wan Azizah Wan Ismail, Mahathir Mohamad juga memasukkan sosok bernama Saifuddin Nasution Ismail di kabinet kerjanya. Saifuddin Nasution Ismail ditunjuk sebagai Menkosains Teknologi di kabinet Mahathir. Nasution memang nama belakang yang biasanya digunakan untuk orang Indonesia berdarah Mandailing. Namun, meski bernama Nasution, Saifuddin ternyata tak lahir di Indonesia.
Pria yang bernama lengkap YB Dato Saifuddin Nasution Bin Ismail ini lahir di Singapura, tanggal 7 Desember 1963. Pria yang berusia 54 tahun ini adalah penggiat politik di Malaysia dan berasal dari Partai Keadilan Rakyat (PKR), pada koalisi oposisi Pakatan Harapan.
Saifuddin Nasution menyelesaikan pendidikannya di Tamagawa Gakuen, Tokushima, Jepang. Ia mendapatkan lencana kepengurusan latihan. Saifuddin Nasution sudah mendapatkan gelar sarjana sains dalam bidang Agronomi, dari Universiti Putra Malaysia. Kiprahnya dalam dunia politik Malaysia tak main-main dan ia telah dianggap sebagai figur senior dalam perpolitikan Malaysia.
Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di Partai Keadilan Rakyat (PKR), Saifuddin sempat menjadi anggota partai pemerintahan UMNO, periode 1995-1999. Saifuddin pun pernah menjadi bagian protes besar pada tahun 1996 dalam “Second Asia Pacific Conference on East Timor”.
Lalu Saifuddin juga pernah menjadi anggota Parlemen Malaysia dalam konstituensi Machang, di Kelantan, mulai tanggal 8 Maret 2008 hingga 5 Mei 2013. Pelantikan Saifuddin menjadi SekJen PKR ini dilakukan pada Januari 2010, hingga pada akhirnya saat ini Saifuddin ditunjuk sebagai Menkosains Teknologi Malaysia.
Darah politik Saifuddin diturunkan kepada anaknya. Anak Saifuddin tersebut bernama Arham Rahimin Nasution. Anaknya menempuh pendidikan di Mesir, lalu berlanjut ke Afrika Selatan. Arham Nasution memang memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan kiprah ayahnya sebagai ahli politik. Saifuddin itu sendiri memiliki istri yang bernama Norhayati Musa.
Nasution itu sendiri adalah salah satu dari marga Mandailing. Tepatnya berpusat tempat tinggal di Mandailing Godang, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Dari perjalanan sejarah yang diketahui, marga Nasution adalah keturunan Baroar Nan Sakti, yang dinobatkan sebagai raja oleh para penduduk kala itu. Hal ini dilakukan setelah berhasil menghentikan perang antar kampung yang terjadi di Barus, Tapanuli Selatan.
Keturunan Tuanku Nan Sakti di Mandailing Godang lalu berkembang melalui marga baru mereka, yakni Nasution. Nasution ini berasal dari bacaan Nan Sakti On. Dengan darah penguasa seperti itu, maka tidak heran jika marga Nasution banyak berjaya di bidang politik dan sosial.
Sementara untuk Ismail, sebenarnya adalah patronimik, bukan nama keluarga. Sekretaris-Jenderal PKR ini lebih memilih dipanggil dengan nama Saifuddin Nasution. Nama Nasution adalah tanda keturunan Mandailing, tepatnya dari Tapanuli Selatan, sebuah kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Keberadaan orang yang memiliki marga Nasution di Malaysia terjadi lantaran pada masa penjajahan Belanda dahulu yang datang ke Indonesia. Ada banyak sekali penduduk dari Sumatera yang melarikan diri ke Kedah serta berbagai lokasi lainnya. Penyebab utamanya ialah Perang Belanda dan Aceh.
Anggota kabinet kerja Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad memang baru secara resmi dikabarkan hari ini. Dua anggota kabinet kerja pemerintahan Mahathir tersebut hanya bocoran semata. Belum ada peresmian. Meski begitu, dengan adanya bocoran tersebut, sisa delapan anggota kabinet kerja Perdana Menteri Mahathir Mohamad yang segera diungkap.
Pihak pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad belum mengumumkan kabinet kerja pemerintahannya secara resmi dan lengkap sampai berita ini dimuat. Bahkan kapan waktu tepatnya pengumuman kabinet kerjanya pun belum diungkap. Hanya dijelaskan bahwa pengumuman kabinet kerja secara resmi akan dilakukan pada hari ini.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here