Cabup Enthus Susmono Meninggal Dunia, Pengusung Cari Gantinya

0
292

Jakarta, namalonews.com- Calon bupati (pertahana) Tegal yang juga dalang kondang Enthus Susmono diberitakan meninggal   pada Senin 14 Mei 2018 pk. 19.10 wib dalam usia 52 tahun di RS. SOESELO Slawi, Jawa Tengah. Kabar duka tersebut sangat mengejutkan, pasalnya cabub Tegal dengan nomor urut 3 yang berpasangan dengan Umi Azizah ini sedang bertarung dalam  Pilbup Tegal 2018.

Almarhum Ki Enthus yang berpasangan dengan Umi Azizah diusung oleh PKB dan didukung Gerindra, PKS, PAN, dan Hanura. Cabup Tegal lainnya adalah dengan nomor urut 1 Rusbandi-Fatchuddin, dan nomor urut 2 Haron Bagas Prakosa-Drajat Adi Prayitno.

Terkait dengan meninggalnya paslon nomor urut 3 dan sesuai dengan UU No.10 tahun 2016 dan PKPU No.3 tahun 2017, maka jika dalam tempo 30 hari menjelang pemungutan suara salah satu calon berhalangan tetap maka parpol atau parpol gabungan bisa mengusung calon pengganti.

Penggantinya tersebut tidak harus seketika tapi dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Partai politik atau partai politik gabungan bisa mengusung calon pengganti dalam waktu 7 hari sejak meninggal dunia.

Setelah parpol atau parpol gabungan mengajukan nama, KPU akan langsung melakukan verifikasi. Namun seandainya parpol pengusung tidak menunjuk penggantinya, maka secara otomatis calon wakilnya atau yang tidak berhalangan tetap akan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya.

Karena saat ini masih dalam jangka waktu 46 hari menjelang pemilihan, maka peraturan tersebut masih berlaku.

Sebagai dalang kondang, Ki Enthus pernah menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang seni-budaya dari International Universitas Missouri, U.S.A, dan Laguna Collage of Bussines and Arts, Calamba, Philipines pada tahun 2005. Selama ini ratusan karyanya yang berupa wayang tersimpan dalam museum di berbagai Negara, seperti di Belanda, Jerman, dan New Mexico.Ki Enthus Susmono dikenal sebagai kondang yang terkenal bukan hanya di Indonesia, tapi juga namanya harum di luar negeri. Tahun 2005, dia terpilih menjadi dalang terbaik se-Indonesia dalam Festival Wayang Indonesia yang diselanggarakan di Taman Budaya Jawa Timur. Kemudian tahun 2008 mewakili Indonesia dalam event Festival Wayang Internasional di Denpasar, Bali.

Ki Enthus dilantik sebagai Bupati Tegal sejal 8 Januari 2014 yang lalu untuk periode 2014-2019. Dia kemudian berpasangan dengan Umi Azizah untuk mengajukan diri pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tegal 2018.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here