Jokowi Minta Kepada Anggota DPRD Fraksi PPP Jangan Bikin Perda Terlalu banyak

0
1681

Jakarta, namalonews.com- Presiden Jokowi menghadiri acara Workshop Nasional Anggota DPRD dari Fraksi PPP di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (15/5/2018). Dalam kesempatan tersebut presiden meminta kepada anggota DPRD dari PPP agar tidak banyak membuat Perda (Peraturan Daerah).

“Cukup 1 atau 2 Perda saja setiap tahunnya, asalkan berkualitas” demikian kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Perda harusnya bisa memberikan kecepatan birokrasi dalam melayani, keleluasaan masyarakat untuk berinovasi, dan meningkatkan kreativitas.

“Saya tahu kenapa Perda dibuat banyak. Saya tahu. Arahnya ke mana saya tahu. UU diproduksi banyak arahnya ke mana saya juga ngerti. Saya ini orang lapangan, ngerti. Tapi marilah itu sekarang kita ubah,” kata Jokowi.

Daripada membuat banyak Perda, Jokowi menyarankan agar Perda sebaiknya dibuat secara detail, baik, dan memiliki kualitas untuk kepentingan jangka panjang. Ia meminta agar Perda juga tidak membebani masyarakat.

Jokowi juga berpesan kepada anggota DPRD dari PPP untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa pemerintah juga memiliki program sosial. Seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang kini sudah diberikan kepada 18 juta anak tidak mampu. Juga Kartu Indonesia Sehat yang telah dibagikan kepada 93 juta masyarakat untuk pelayanan kesehatan tanpa dipungut biaya.

Selain itu juga Jokowi meminta para anggota DPRD untuk menyadarkan kepala desa soal penggunaan dana desa. Sebab saat ini masih ditemukan beberapa kepala desa yang belum bisa menangkap maksud dan tujuan pemberian dana desa tersebut.

Menurut Jokowi dana desa diberikan agar peredaran uang di daerah di tingkat kecamatan dan kabupaten, terutama di desa semakin banyak.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here