Pasokan Gas Elpiji Ditambah 4 Persen Selama Ramadan

0
157

Jakarta, namalonews.com- PT Pertamina wacanakan akan menambah pasokan gas elpiji sebesar 4 persen selama bulan ramadan. Hal ini untuk mengantisipasi permintaan masyarakat yang selalu melonjak selama ramadan.

Wakil Presiden Gas Domestik Pertamina, Kusnendar menyebut permintaan elpiji akan meningkat dari hari-hari sebelumnya. Namun, Pertamina berencana akan mengantisipasinya dengan menambah pasokan menjadi 4 persen selama bulan ramadan.

“Tahun ini, kita akan menyediakan 4 persen pasokan elpiji tambahan. Jadi, kita masih bisa menjaga berbagai kemungkinan peningkatan konsumsi. Sebelumnya, konsumsi elpiji melonjak 2,7 persen,” kata Kusnendar pada Rabu (16/5/2018).

Selain itu, Pertamina memperkirakan konsumsi gas elpiji akan meningkat sepekan menjelang lebaran. Lonjakan konsumsi tersebut diprediksi mencapai 17 persen dari hari sebelumnya.

Selain elpiji, pasokan BBM juga akan ditambah sebesar 15 persen. Sebelumnya, konsumsi BBM melonjak 13 persen. Peningkatan perkiraan penggunaan BBM pada tahun ini disebutkan karena adanya kemungkinan peningkatan pemudik yang menggunakan jalur darat.

“Jalan tol sekarang sudah fungsional dari Jakarta menuju Bawen, Solo. Hal itu menunjukkan peluang adanya peningkatan penggunaan kendaraan roda empat. Untuk mengantisipasi itu, Pertamina menyediakan 15 persen pasokan BBM tambahan,” kata Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra.

Sementara itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyebut pasokan BBM tidak bermasalah selama bulan ramadan.

Kementerian ESDM menargetkan akan menjamin persediaan BBM di pusat keramaian masyarakat tetap aman untuk digunakan. Ignasius Jonan menyebut tempat pariwisata dan jalur mudik harus menjadi perhatian akan ketersediaan BBM.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here