Pemprov DKI Atur Ulang Jam Sekolah Saat Asian Games

0
142

Jakarta, namalonews.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan mengatur jadwal belajar siswa lebih awal saat Asian Games 2018 berlangsung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan sehingga mobilitas atlet Asean Games bisa lebih lancar menuju venue pertandingan.

Anies Baswedan menyebut meliburkan siswa saat penyelenggaraan Asian Games bukanlah pilihan yang tepat.

Mobilitas siswa, lanjut Baswedan, sangat sulit dikendalikan saat libur dibandingkan tetap sekolah. Hal ini bisa dilihat pada Sabtu dan Minggu dimana kondisi lalu lintas sangat padat dari pada hari biasa lainnya.

“Karena itu solusinya justru dengan jam sekolah diubah. Dengan demikian, anak-anak ini masuk sekolah paling lambat 06.30,” kata Baswedan di Jakarta pada Selasa (15/5/2018).

Baswedan menambahkan jam belajar siswa juga akan dipercepat. Untuk siswa Sekolah Dasar (SD), jam mereka berakhir pada pukul 12.00 WIB. Sedangkan untuk SMP dan SMA akan berakhir pada pukul 14.00 WIB.

“Kalau anak SD itu tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap lalu lintas, karena umumnya mereka sekolah di sekitar tempat tinggalnya,” kata mantan Menteri Pendidikan itu.

Selain itu, pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berencana akan menggerakkan siswa kelas VII dan VIII serta kelas IX dan X untuk turut terlibat dalam menyaksikan pertandingan Asian Games.

Para siswa akan diboyong ke venue pertandingan dengan menggunakan bus yang bakal disediakan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Namun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum memastikan cabang olahraga yang bakal disaksikan oleh para siswa tersebut. Sebab, Baswedan memperkirakan ada beberapa cabang olahraga Asian Games yang sepi penonton.

“Boleh saja anak-anak itu menonton, tapi harus suka juga dengan apa yang ditonton. Kasihan betul kalau mereka dibawa ke venue yang pada tidak suka nonton. Ini hiburan atau hukuman untuk anak-anak,” kata Baswedan.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here