Putin Perintahkan Produksi Sistem Rudal S-500 Secara Massal

0
183

Jakarta, namalonews.com- Presiden Rusia, Vladimir Putin, memerintahkan perusahaan pertahanan Rusia untuk mempersiapkan sistem rudal S-500. Selain itu, pemimpin Kremlin ini juga menyerukan agar modernisasi senjata nuklir strategis segera dilanjutkan.

Dalam pertemuannya dengan petinggi Rusia dan eksekutif perusahaan sektor pertahanan, Putin meminta pengembangan dan persiapan untuk produksi massal dari sistem terbaru S-500 yang mampu mencapai target di ketinggian super-tinggi, termasuk ruang antariksa di dekat bumi.

“Salah satu tugas utama adalah untuk meningkatkan cara perang anti-presisi. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan dan membangun fondasi teknologi di bidang pertahanan udara, untuk melanjutkan modernisasi sistem Pantsir,” ujar Putin.

Foto: HobbyMiliter.com

Rudah S-500 diyakini merupakan sistem pertahanan rudal yang akan sangat berbeda dengan sistem pertahanan udara lain yang ada di dunia. S-500, yang dirancang oleh Almaz Antey ini memiliki jangkauan hingga 600 kilometer (lebih dari 370 mil).

Sistem senjata ini dapat secara bersamaan mencegat dan menghancurkan hingga sepuluh rudal balistik dan hipersonik dengan kecepatan 5 mach. Prometey mampu mencegat rudal balistik dan pesawat pada ketinggian hingga 200 kilometer (lebih dari 120 mil).

Selain itu, rudal S-500 juga mampu mencegat pesawat tempur, pembom dan UAV, serta menghancurkan satelit yang melayang di orbit rendah, pesawat ruang angkasa, dan persenjataan di luar orbit bumi.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here