Al-Fatihin, Surat Kabar Rahasia ISIS Berbahasa Indonesia

0
1314

Jakarta, namalonews.com- Usai melakukan penangkap para teroris, kini dikabarkan pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur tengah melacak surat kabar ISIS. Media tersebut disebarkan secara rahasia di internal kelompok Jemaah Ansharut Daulah (JAD) yang telah berafiliasi dengan ISIS. JAD sendiri oleh polisi dinyatakan terlibat dalam serangan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya.

Surat kabar propaganda kelompok radikal ini bernama Al-Fatihin. Edisi pertama diluncurkan pada 20 Juni lalu di Filipina Selatan bertepatan dengan bulan Ramadhan. Headline koran tersebut diberi judul “Ramadhan, Bulan Jihad dan Futuhat”.

Media tersebut berisi informasi dari Suriah dan Irak serta seruan untuk melakukan kekerasan. Selain berbahasa Indonesia, Koran ini juga menggunakan bahasa Malaysia dan Filipina.

Publikasi Al-Fatihin (dalam Bahasa Indonesia artinya “Para Penakluk”) dengan bahasa-bahasa lokal di negara-negara Asia Tenggara ini diduga bertujuan untuk memikat anggota baru ISIS di Malaysia, Indonesia, Brunei, Singapura, Thailand selatan dan Filipina selatan.

Edisi pertama koran Al-Fatihin ini setebal 20 halaman. Isinya memfokuskan diri pada pembahasan bulan Ramadan dan tindakan jihad. Juga dilengkapi dengan sebuah pesan sepanjang tiga halaman dari Ideolog Mesir, Abu Hamzah al-Muhajir, yang juga dikenal sebagai Abu Ayyub al-Masri.

Juga menampilkan Abu Bilal al-Himshi dari Suriah, dan berbagai kutipan berita mulai dari Raqqa di Suriah hingga Filipina, informasi dan statistik operasi militer, peta provinsi ISIS di seluruh dunia, dan statistik zakat dan distribusinya di Suriah.

Pemimpin redaksi koran itu mengajak semua kelompok militan di Indonesia dan Filipina untuk bersatu dan membaiat pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here