Kereta Api Bandara Minangkabu Diresmikan Presiden Jokowi

0
175

Jakarta, namalonews.com-Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau-Sumatera Barat pada Senin (21/5/2018).

Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman pada pukul 09.15 WIB. Presiden Jokowi dan rombongan disambut oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Presiden Jokowi menuju lokasi peresmian kereta api bandara tersebut dengan menggunakan kendaraan minibus. Deputi Bidang Protokol Per, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebut selain meresmikan KA bandara tersebut, Presiden Jokowi juga akan mencoba langsung kereta api tersebut menuju kota Padang.

“Setibanya di Kota Padang, Presiden dijadwalkan akan meresmikan gedung sekolah SMP, SMA dan rumah susun di Pondok Pesantren Modern Prof. Dr. Hamka II,” kata Machmudin.

Kedatangan Presiden Jokowi tidak menghambat pelayanan perjalanan masyarakat dari stasiun Simpang Haru-Padang menujua Bandara Internasional Minangkabau.

“Pelayanan pada masyarakat berjalan seperti biasa, tetapi kereta yang digunakan akan berbeda,” kata Humas PT KAI Divre Sumbar Zainir di Padang pada Senin (21/5/2018).

Biasanya, jalur tersebut dilayani oleh KA Minangkabau Ekspres yang beroperasi sejak 1 Mei 2018. Namun karena peremsian, jalur itu dilayani oleh kereta lain.

Pengalihan tersebut dimulai Minggu (20/5) hingga Selasa (22/5). Setelah itu, jalur tersebut akan kembali dilayani oleh Minangkabau Ekspres.

Pengoperasian KA Bandara Internasional Minangkabau dilakukan oleh Presiden Jokowi dan didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kereta api yang terhubung langsung denga Bandara itu merupakan yang ke-3 di Indonesia setelah Kualanamu Sumatera Utara dan Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Dari 237 bandara di Indonesia, hanya 2 yang terhubung langsung dengan kereta api yaitu kualanamu dan Soekarno-Hatta. BIM adalah bandara ketiga.

Moda transporatsi tersebut menjadi alternatif untuk masyarakat Sumateran Barat-Padang demi mencapai bandara dalam waktu singkat. Waktu tempu kereta dari Stasiun Simpang Haru ke Bandara Internasional Minangkabau sekitar 40 menit.

Tarifnya menggunakan jasa kereta api yang relatif murah. Untuk stasiun Simpang Haru Padang-BIM mencapai Rp 10.000, Padang-Duku mencapai Rp 5 ribu sampai BIM yang tercatat sioo.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here