SBY: Ada Reformasi Jilid II di Masa Depan

0
4616

Jakarta, namalonews.com- Peringatan 20 tahun reformasi jatuh pada hari ini, Senin (21/05/2018). Terkait dengan hal tersebut, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun berkomentar melalui akun Twitter@SBYYudhoyono.

Lewat akun tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat tersebut menyebutkan prediksinya, di masa depan bisa saja terjadi reformasi jilid II. Oleh karena itu ada 4 hal yang harus diperhatikan.

Adapun empat hal itu, kata SBY, antara lain, kekuasaan tidak boleh terlalu absolut. Sehingga, kebebasan rakyat dan demokrasi dapat tetap hidup. Selanjutnya, dia menyebut hukum mesti tegak dan tidak tebang pilih.

Lalu yang ketiga, ekonomi harus adil dan menyejahterakan seluruh rakyat. Terakhir, SBY mengatakan dalam politik praktis, termasuk pemilihan umum, negara yang di dalamnya terdapat Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian RI, dan Badan Intelijen Negara harus netral dan tidak berpihak.

SBY menyebutkan tahun 2018 sebagai tahun yang memiliki makna sejarah tinggi.  Selain peringatan 20 tahun reformasi, tahun 2018  ini Indonesia juga memperingati genapnya 110 tahun Kebangkitan Nasional dan 90 tahun Sumpah Pemuda.

“Semangat Kebangkitan Nasional 1908, 110 th lalu – Menjadi bangsa yang merdeka & berdaulat. Bebas dari belenggu para penjajah. *SBY*,” demikian twit SBY, Minggu (20/5/2018).

SBY pun berpesan jangan sampai generasi sekarang kurang rukun dan kurang bersatu. “Berdosa kita kepada para pendahulu. Malu pula kepada generasi mendatang,” katanya.

Selama 110 tahun dari momen kebangkitan nasional, SBY menilai generasi sekarang dan mendatang bertugas untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju di abad ke-21. Sementara itu, semangat Sumpah Pemuda 1928 adalah bersatunya pemuda-pemudi Indonesia di seluruh Tanah Air yang amat majemuk identitasnya

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here