Tol Pejagan-Pemalang Siap Beroperasi

0
235

Jakarta, namalonews.com- Ruas tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV yang menghubungkan Brebes Timur-Sewaka sepanjang 37 kilometer (km) mulai diuji laik fungsi. Uji laik fungsi menjadi satu langkah sebelum beroperasi untuk mendapatkan sertifikat laik fungsi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Badan Pengatur Jalan Jol (BPTJ).

“Setelah proses uji laik fungsi, surat atau sertifikat akan dikeluarkan untuk mulai dioperasikan,” kata kepala BPTJ Herry Trisaputra Zuna pada Senin (21/5/2018).

Ruas tol Brebes Timur-Sewakan adalah lanjutan dari Pejagan-Pemalang seksi I dan II dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juni 2016. Tol tersebut merupakan satu dari 7 ruas tol yang akan beroperai awal Juni.

Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV termasuk salah satu yang mundur jadwal pengoperasiannya tahun ini. Hal ini disebabkan masalah pengadaan lahan. Tol ini ditargetkan akan beroperasi saat mudik lebaran bulan depan.

Pada lebaran 2017, jalan tol itu dipakai fungsional saat arus mudik. Namun tahun ini, tol tersebut direncanakan akan beroperasi secara fungsional.

Selain tol tersebut, BPTJ juga sedang melakukan proses uji laik fungsi pada 6 ruas tol lainnya. 6 di antaranya Solo-Ngawi seksi Kartosuro-Simpang Susun Sragen, Bogor Ring Road, Bandung Badak-Simpang Yasmin dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan.

Kemudian tol gempol-Pasuruan seksi 2 SS Rembang-SS Pasuruan, akses Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek dan Pemalang-batang seksi Seaka SS seksi sewaka-SS Pemalang.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here